PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING BERBASIS TPACK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI GUGUS 3 TEBABAN

Authors

  • Musabihatul Kudsiah Universitas hamzanwadi
  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi

Keywords:

perangkat daring berbasis TPACK

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah  untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru Gugus 3 Tebaban dalam menyusun perangkat pembelajaran daring menggunakan pendekatan TPACK dalam mengatasi beberapa masalah yang sedang dihadapi perihal pembelajaran dalam jaringan. Masalah tersebut muncul disebabkan karena kondisi Covid 19 sekarang ini dan kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran secara daring daring.. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Penyampaian materi tentang penyusunan perangkat pembelajaran daring berbasis TPACK di gugus 3 Tebaban yang di ikuti oleh 15 orang guru, (2) melakaukan bimbingan dan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran daring dan pemberian Tugas mandiri dalam penyususnan perangkat pembelajaran (3) menerapkan perangkat tersebut secara mandiri di kelas masing-masing.  Produk yang dihasilkan berupa RPP dan bahan ajar daring berbasis TPACK, dari hasil analisis diketahui bahwa dari 15 peserta, 80% peserta sudah mampu menyusun perangkat pembelajaran TPACK, maka kegiatan ini dikatakan berhasil. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini sudah mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru gugus 3 Tebaban dalam menyusun perangkat pembelajaran daring menggunakan pendekatan TPACK

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19. BUANA ILMU, 4(2), 99-112., 4(2), 99–112. Ilmiyah, S. (2020).

Surotul Ilmiyah —Upaya PBNU Mencegah PenyebaranCOVID-19. (p. YouTube alobatnic: https://youtu.be/rYlypLWR3Qw). p. YouTube alobatnic: https://youtu.be/rYlypLWR3Qw.

Mahanal, S. (2014). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 20(September), 1–16.

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Sa’adah. (2020). Tinjauan Tentang Skenario Pembelajaran Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 447–456. Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis kemampuan technological pedagogical and content knowledge(TPACK) calon guru. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 58–64.

Sulisworo, D., Winarti, W., Amalia, Y. A., Larekeng, S. H., Maryani, I., & Demitra, D. (2020). Model lingkungan pembelajaran era new normal.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga Paud Di Riau. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 4(3), 205–212. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526

Yuara, Y. P., Rizal, F., & Kusumaningrum, I. (2019). Kesiapan Guru Vokasi Smkn 1 Sumatera Barat Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Ilmiah Dan Pembelajaran, 3(3), 280–288.

Published

2022-02-20