PEMANFAATAN LIMBAH KAIN PERCA UNTUK PEMBUATAN TEMPAT PENSIL RAMAH LINGKUNGAN DI WILAYAH PANCOR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • rohyana fitriani Universitas Hamzanwadi
  • Rifaatul Mahmudah
  • Donna Boedi Maritasari
  • Zuhut Ramdani

Keywords:

kain perca 1, ramah lingkungan 2, produk 3, nilai guna 4.

Abstract

Pengabdian masyarakat ini difokuskan pada pendampingan dan pelatihan peningkatan kreatifitas pembuatan produk ramah lingkungan yaitu dengan mengolah dan memanfaatkan limbah kain perca menjadi keperluan sekolah, salah satunya adalah tempat pensil. Pembuatan produk ini dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah kain perca yang terbuang sia-sia dan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Kain Perca tergolong sebagai produk limbah tekstil daur atau recycle. Artinya bahwa sebagai limbah tekstil, kain perca tidak bisa digunakan kembali dalam bentuk aslinya melainkan harus melalui serangkaian proses pembuatan ulang menjadi barang baru yang bermanfaat. Dengan mengumpulkan kain perca yang ditemukan di lapangan, dapat dilakukan pemilahan dan pengolahan menjadi barang-barang yang lebih memiliki nilai guna. Tujuan yang ingin dicapai pada PKM ini di antaranya: 1) mengurangi limbah kain perca yang terbuang sia-sia, 2) memberikan contoh kepada masyarakat bahwa limbah kain perca yang mereka miliki dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bernilai guna, 3) menghasilkan produk yang sifatnya ramah lingkungan, 4) menarik minat masyarakat untuk melatih kemampuan berseni hias seperti menempel dan menjahit. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan PKM ini adalah melalui ceramah dan pelatihan. Materi-materi terkait pelatihan disampaikan melalui diskusi. Kemudian selanjutnya pelatihan langsung dilaksanakan dengan praktik secara langsung. Kegiatan PKM ini secra keseluruhan mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Beberapa komponen yang berhasil dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini diantaranya: 1) ketercapaian tujuan kegiatan, 2) tercapainya target produk yang telah direncanakan.

References

Yulimarni & Nofi R. (2018). Kain Perca Sebagai Media Kreasi Pkk Di Nagari Sungai Abang Kecamatan Lubuk Alung. Jurnal Batoboh, Vol 3, No 2, Oktober 2018.

Nurhasanah & Salwiah. (2019). Meningkatkan Pengenalan Seni Kreatif Anak Melalui Pemanfaatan Kain Perca. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho. Vol. 2, No. 1, Maret 2019.

Esty, Dkk. (2020). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis. Comvice, Vol 4 No 2, Oktober 2020.

Auditia Setiobudi, dkk. (2021). Program Daur Ulang Limbah Kain Perca Di Desa Munggugianti, Gresik, Jawa Timur. Jurnal Abadimas Adi Buanavol. No. 01. Https://Jurnal.Unipasby.Ac.Id/Index.Php/Abadimas/Article/View/2912/2946.

Dani Irawan Dkk. (2021). Optimalisasi Limbah Kain Perca Sebagai Kerajinan Keset Kelompok Pkk Di Desa Ngade Kanigoro Blitar. Jurnal Abdinus : Jurnal Pengabdian Nusantara. Vol. 5 No. 2. Https://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Ppm/Article/View/14846/2236.

Dira Arifa Dkk. (2022). Pemanfaatan Kain Perca Menjadi Kerajinan Keset Yang Bernilai Jual. Vivabio Volume 4 Nomor 2. Jurnal Pengabdian Multidisiplin. File:///C:/Users/Toshiba/Downloads/40276-89585-1-Pb.Pdf.

Downloads

Published

2022-08-02