PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS HAMZANWADI DALAM PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

Authors

  • Mijahamuddin Alwi
  • arif rahman hakim Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Burhanuddin
  • Musabihatun Kudsiah
  • Muh. Yazid

Keywords:

Pelatihan dan pendampingan, karya tulis ilmiah, tugas akhir

Abstract

Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini dilaksanakan dengan tujuan supaya mahasiswa mampu memahami dan bisa berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan menyelesaikan suatu permasalahan, serta dapat menyusun dan menuangkannya  kedalam suatu tulisan secara sistematis dan terstruktur. Lokasi pelaksanaan kegiatan ini dilakukan kampus Universitas Hamzanwadi. Prosedur sistem pelaksanaan pada program ini supaya mendukung realisasi metode kegiatan adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan. Pada kegiatan ini, ada tiga tahap yang akan dilakukan, antara lain yaitu tahap survey dan persiapan, tahap pelatihan, tahap monitoring dan evaluasi. Peserta pelatihan berasal dari mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang terdiri dari semester tinggi. Seperti yang sudah diperkirakan, tiap peserta ternyata memiliki masalah yang bervariasi dalam penulisan karya ilmiah. Secara intensif, para penyaji memberikan bimbingan pada peserta yang dibagi dalam tiga kelompok sesuai jumlah penyaji. Kegiatan ini telah membantu peserta untuk menyusun dan  memperbaiki  kerangka  karya ilmiah  yang dibuat setelah dibekali dengan pengetahuan teknis maupun teoretis, ini terlihat pada peserta sebanyak 95% memahami  dengan baik  materi  yang disampaikan, serta penilaian kepada semua penyaji rata-rata sebanyak 92% menyatakan bahwa penyajian materi yang dilakukan oleh para dosen penyaji dinilai sangat baik dan sesuai dengan harapan peserta.

References

Cahyani, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Penelitian pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia.Sosiohumanika Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan,3(2), 175–192.

Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 125–137.

Mujianto, M., Zubaidi, Z., & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa program jaringan telekomunikasi digital ( JTD ) melalui problem based learning. In S. Sukatman, A. Muti’ah, & A. Taufiq (Eds.), Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global (pp. 177–186).

Saman, S. & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Stkip Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, Vol.3, No.1, hlm. 39- 43

Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2022-08-02