Pemanfaatan Media Pipet Dan Kantong Bilangan (Pikabil) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Di Kelas III SDN Pemantek Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Marudin Marudin Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas III SDN Pemantek tahun pelajaran 2019/2020. penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini kelas III SDN Pemantek, dengan jumlah 29 orang siswa. Untuk mengukur minat siswa digunakan instrumen-instrumen yang digunakan oleh observasi yang berbentuk lembar angket pernyataan yang terdiri dari 8 pernyataan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang menyangkut hal-hal yang terjadi di sekolah khususnya kegiatan belajar mengajar di kelas. Menuntut partisipasi dan kolaborasi peneliti dan objek penelitian. Hal ini merupakan pemecah masalah-masalah dengan tindakan nyata dalam peroses pengembangan inovatif pemecah masalah. penggunaan media pipet dan kantong bilangan (Pikabil) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas III SDN Pemantek. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang sudah dilakukan pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 62,20 % dan meningkat pada siklus II sebesar 80,31% dan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pipet dan kantong bilangan (pikabil) dapat meningkatkan minat belajar pada siswa kelas III SDN Pemantek tahun pembelajaran 2019/2020. Data hasil obeservasi minat siswa pada siklus I  skor rata-ratanya 62,20% (masuk kategori sedang), kemudian pada siklus II skor rata-ratanya meningkat sebesar 80,31 (termasuk dalam kategori tinggi).

Kata kunci : Pemanfaatan,  media pipet dan kantong bilangan, pembelajaran

                       Matematika

References

Hamzah B.Uno.2010. profesi Kependidikan Problema, solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.

Sundayana Rostina. 2014. Media dan Alat Praga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung

Aan Hasanah. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Asra & Sumiati.2008. Metode Pembelajaran. Bandung :Wacana Prima.

Heruman.2007. Model Pembelajaran Matematika Di sekolah Dasar. Bandung.

Sumenda. 2010. Pengantar Filsafat Matematika . Surakarta :UPT Penerbit dan pencetakan UNS (UNS Press).

Abdul Halim Fathani.2008. Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta:Ar-Rzz Media.

Nyimas Aisyah. 2007. Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pembelajaran Matematika SD.

Slameto. 2011. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung.

Arief S Sadirman, dkk. (2009). Media Pendidkan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persaba.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Marudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pipet Dan Kantong Bilangan (Pikabil) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Di Kelas III SDN Pemantek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 74–85. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1781