Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Khirjan Nahdi Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Irfan Universitas Hamzanwadi
  • Titin Ernawati Universitas Hamzanwadi
  • Helmi Harian
  • Raudi Mardiana

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2336

Abstract

Kajian ini memanfaatkan teori metafora dan ruang persepsi berdasarkan ekologi bahasa, dengan tujuan mengidentifikasi metafora siswa sekolah dasar sebagai gambaran persepsi pada ekologi. Data berbentuk metafora dalam puisi berdasarkan persepsi ekologi. Data dianalisis melalui distribusi kategori metafora dan ujud diksi pada ekologi bahasa. Hasil penelitian menunjukkan, metafora dominan pada ekologi manusia, dan terbatas pada   delapan ekologi lainnya. Kondisi ini menggambarkan interaksi dengan ekologi manusia lebih intens dibanding ekologi lainnya. Hasil kajian ini berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru pada materi pembelajaran, keluasan dan kedalaman materi pembelajaran pada dokumen strategi pembelajaran, dan diversifikasi tema pada pembelajaran tematik

Kata:Kunci:metafora; ruang persepsi; siswa sekolah dasar

 

Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar

References

Abel, D. E. and B. S. Niven. 1990. “Application of Formal Spesification Language to Animal Ecology.I.Environment.†50:205–12.

Alexander, Richard and Arran Stibbe. 2014. “From the Analysis of Ecological Discourse to the Ecological Analysis of Discourse.†Language Sciences 41:104–10.

Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Hill, Winfred; terjemahan Bahasa Indonesia oleh Khozim. M. 2009. Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran: Konsepsi, Komparasi, Dan Signifikansi). 1st ed. Bandung: Nusa Media.

Huang, Tian Yuan, Bin Zhao, Sheng Qi Dai, Hong Li, Jun Ma, and Xiang Ming Xiao. 2018. “Different Nation, Different Ecology: Comparison of Ecological Research Features in China and the US during the Recent Three Decades.†Global Ecology and Conservation 16:e00509.

Iskandarwassid; Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. 2nd ed. Bandung: UPI-Rosda Karya.

Kaswanti Purwo, Bambang. 1990. “Pertemuan Linguistik Lembaga Bahasa Atma Jaya 3.†edited by B. K. Purwo. Jakarta: Lembaga Bahasa UNIKA ATMAJAYA-Kanisius.

Klemfuss, Nola, William Prinzmetal, and Richard B. Ivry. 2012. “How Does Language Change Perception: A Cautionary Note.†Frontiers in Psychology 3(MAR):1–6.

Van Lier, Leo. 2010. “The Ecology of Language Learning: Practice to Theory, Theory to Practice.†Procedia - Social and Behavioral Sciences 3:2–6.

Owen, Charles. 2004. “The Ecolinguistics Reader. Language, Ecology and Environment.†Language & Communication 24(2):183–205.

Rinantanti, Yulini, Muhammad Asfah Rahman, Haryanto Atmowardoyo, and Saidna Z. Bin-Tahir. 2017. “Perception of Senior High School EFL Teachers in Papua, Indonesia towards Their Own Competence.†Journal of Language Teaching and Research 8(6):1181.

Tarigan, Djago. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. 1st ed. Bandung: Theme 76.

Tarigan, Henry Guntur. 1991a. Metodologi Pengajaran Bahasa (1). 1st ed. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1991b. Metodologi Pengajaran Bahasa (2). 1st ed. Bandung: Angkasa.

Vulchanova, Mila, Valentin Vulchanov, Isabella Fritz, and Evelyn A. Milburn. 2019. “Language and Perception: Introduction to the Special Issue ‘Speakers and Listeners in the Visual World.’†Journal of Cultural Cognitive Science 3(2):103–12.

Wahab, Abdul. 1990. “Metafora Sebagai Alat Pelacak Sistem Ekologi.†Pellba 3 (1990):141–67.

Downloads

Published

2020-06-28

How to Cite

Nahdi, K., Irfan, M., Ernawati, T., Harian, H., & Mardiana, R. (2020). Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.2336