Pendampingan Penyusunan Kurikulum 2013 Untuk Guru Sekolah Dasar/MI

Muhammad Sururuddin, Mijahamuddin Alwi, A Atiaturrahmaniah

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membangun kesadaran serta menumbuhkan jiwa keprofesionalan guru dalam memenuhi tugasnya sebagai pendidik serta meningkatkan kreatifitas guru dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama untuk menghadapi masa depan yang semakin kompleks. Metode pelaksanaan PKM ini meliputi tiga tahapan; tahap awal menentukan sasaran dari program ini yaitu guru-guru yang ada di lingkungan SD/MI Sugian, tahap kedua menentukan waktu pelaksanaan yaitu kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April 2018, dan tahap ketiga prosedur pelaksanaan yang meliputi beberapa tahapan kegiatan. Tahap pertama, tim melakukan pendampingan guna membuka wawasan, memberikan pengetahuan dan penyadaran terkait dengan pentingnya penggunaan pelaksanaan K-13 untuk di dalam proses pembelajaran. Tahap ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan simulasi. Pelaksanaan pendampingan ini berlokasi di MI NW Sugian. Pada sesi ceramah, tim memberikan informasi tentang peran kurikulum yang begitu penting dalam proses pembelajaran. Selanjutnya nara sumber meminta langsung kepada peserta untuk mensimulasikan langsung perangkat kurikulum yang sudah mereka susun tersebut. Perangkat kurikulum 2013 yang sudah disimulasikan di depan para peserta kemudian diserahkan ke pihak sekolah untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Kata Kunci : kurikulum 2013, pengabdian kepada masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2014. Implemetasi kurikulum 2013: Kajian teoritis dan Praktis. Bandung: Interes

Ibrahim R. dan Nana Syaodiah S. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka cipta

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Pengunjung Jurnal