Sosialisasi media pembelajaran untuk guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Muh Yazid, Musabihatul Kudsiah, Dina Apriana, Andi Sulastri

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membangun kesadaran serta menumbuhkan jiwa keprofesionalan guru dalam memenuhi tugasnya sebagai pendidik serta meningkatkan kreatifitas guru dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan skill terutama untuk menghadapi masa depan yang semakin kompleks. Metode pelaksanaan PKM ini meliputi tiga tahapan; tahap awal menentukan sasaran dari program ini yaitu guru-guru yang ada di sekolah, tahap kedua menentukan waktu pelaksanaan yaitu kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018, dan tahap ketiga prosedur pelaksanaan yang Sugian dimana dari semua sekolah yang direncanankan digabung menjadi satu meliputi beberapa tahapan kegiatan. Tahap pertama, tim melakukan pemberian materi guna membuka wawasan, memberikan pengetahuan dan penyadaran terkait dengan pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk di dalam proses pembelajaran. Tahap ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan simulasi. Pelaksanaan sosialisasi ini berlokasi di SDN Dasan Lekong dan MI NW Dames. Program ini dilaksanakan dalam beberapa kegiatan. Tahap pertama, peneliti dan tim melakukan sosialisasi guna membuka wawasan, memberikan pengetahuan dan penyadaran terkait dengan pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk menjelaskan materi pelajaran. Tahap ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan simulasi.

Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat, media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arif S.Sadiman. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo persada.

Atiaturrahmaniah, A., & Ibrahim, D. S. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Dengan Penerapan Teori Van Hiele. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.29408/didika.v3i1.659

Ibrahim, D. S. M., Aswasulasikin, & Hidayatullah, M. (2019). Bahan Ajar Berhitung Cepat Dengan Aplikasi Game Adobe Flash. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, V(2), 86–93. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/1771/pdf_24

H.Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Latuheru. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa kini. Jakarta; Depdiknas.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Pengunjung Jurnal