Peningkatan Penguasaan Guru Dalam Penelitian Tindakan Kelas Melalui Diklat KTI

Muh Fahrurrozi, Doni Septu Marsa Ibrahim, A Aswasulasikin, Tsamarul Hizbi

Abstract


Tujuan pengabdian pada masyarakat 1. memberikan pengalaman bagi guru dan kepala sekolah dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI); 2. memberikan pengalan bagi guru dan kepala sekolah atau peserta Diklat Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam mempersentasikan hasil penelitianya; 3. menciptakan pembelajaran yang bermutu; 4. terlaksananya penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian tindakan Sekolah; 5. memberikan pengelaman bagi guru dan kepala sekolah atau peserta Diklat dalam menyusun artikel dan mampu mempublikasikan dalam jurnal ilmiah. Metodologi Terdapat delapan puluh peserta diklat Karya Tulis Ilmiah (KTI) Kabupaten Lombok Timur sebagai berikut. Jumlah Pendamping Karya Tulis Ilmiah (KTI) berjumlah 4 orang memiliki pengalaman dibiang penelitian Nasional maupun International. Dalam pelaksanaan program kegiatan yang pertama adalah Diklat selama tiga hari yang kedu pendampingan dalam pembuatan laporan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan artike Pendampingan dilaksanakan delapan belas (18) kali pertemuan berjumlah 80 orang dibagi menjadi 4 kelompok. Hasil persentase paling tinggi yaitu pada angka 74,6%. Artinya adalah hampir 75% peserta diklat KTI tidak ingin membagi pengetahuan yang diperoleh pada saat diklat KTI 2019. Oleh sebab itu kehadiran pihak kedua dalam hal ini lembaga Insan Instutute masih sangat dibutuhkan dalam memberikan pendampingan/materi tentang karya Tulis Ilmiah (KTI) pada masa-masa yang akan datang.

 Kata Kunci: Diklat, KTI, Pendampingan

 


Full Text:

PDF

References


Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3).

Fahrurrozi, M. (2016). Enterpreneurship Development Training Needs for Indonesian Workers Post-Migration to Enhance the Independence business in the Eastern Lombok District. PROCEEDING ICETE 2016, 23.

Fahrurrozi, M. (2019). Pengembangan perangkat diklat kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan berwirausaha TKI pascamigrasi di Kabupaten Lombok Timur. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Hendriana, H., Afrilianto, M., & Sumayyah, D. (2014). Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: suatu karya tulis ilmiah.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish.

Mutmainah, N. (2011). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Pada Sma Di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Universitas Negeri Semarang.

Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Ramadhani, A. F. (2019). administrasi pendidik dan tenaga kependidikan 2.

Wiyanto, A. (2012). Panduan Karya Tulis Guru. Galangpress Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Pengunjung Jurnal