PENGEMBANGAN METODE INTEGRATED RULE OF CHARACTER (IRC) DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING

Authors

  • Muhammad Syahruddin Amin

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v7i2.132

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan metode pembelajaran integrated rule of character (IRC) dengan pendekatan cooperative learning yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam proses perkuliahan sains di Prodi PGSD STKIP Hamzanwadi Selong. Penelitian ini adalah research & development (R & D) atau penelitian pengembangan yang dilaksanakan menggunakan model gabungan antara model Borg & Gall dan Thiagarajan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi lima tahap, yaitu: analisis, desain, validasi desain, produksi, uji coba dan revisi. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan empat alat yaitu lembar validasi, lembar penilaian ahli dan praktisi, lembar observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan sains dengan menggunakan metode integrated rule of character dengan pendekatan cooperative learning mampu berjalan efektif. Hasil ini terlihat pada penilaian ahli/praktisi yaitu didapatkan nilai rata-rata 3,96 dan dinyatakan pada kategori “valid†dan secara operasional dilapangan metode yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan yaitu dengan didapatkannya nilai rata-rata keterlaksanaan sebesar 79, dan sudah termasuk kedalam kategori efektif. Respons mahasiswa terhadap metode integrated rule of character dengan pendekatan cooperative learning tergolong positif, hal ini tergambar pada hasil angket mahasiswa dengan rata-rata keseluruhan sebesar 3,7. Hasil ini melebihi kriteria yang ditetapkan sebelumnya yakni “cukupâ€.

 

Kata kunci: pembelajaran sains, karakter, metode integrated rule of character¸ cooperative learning

Published

2012-12-07

Issue

Section

Artikel