PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU FISIKA DAN DAYA PIKIR KRITIS SISWA MA MUALLIMAT NW PANCOR

Authors

  • Tarpin Juandi STKIP Hamzanwadi Selong
  • Sapiruddin .

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v11i1.252

Abstract

This research aims at improving of physic teachers’ professionalism and students’ critical thinking through lesson study guidance. This research was action research through lesson study. The research subjects were teachers and students of the tenth graders of physic subject. The data collection was conducted in making requirement guidance and teaching learning process. After collecting data, the data analysis used was descriptive statistics. Based on the results of data analysis, there was improvement of physic teachers’ professionalism conducted each cycle and also students’ critical thinking was improvement each cycle. Even though, in the third cycle was decreasing, the fourth cycle was significantly improvement. It can be seen from the mean score of critical thinking indicators of each cycle: the first cycle was 26, the second cycle was 64, the third cycle was 54, and the fourth cycle was 74.

 

 

Penelitian ini bertujuan meningkatkanprofesionalitas guru fisika dan keterampilanberpikir kritis siswa melalui pendampingan lesson study.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan lesson study. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X mata pelajaran Fisika, Pengumpulan data dilakukan pada saat pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran dan pada saat proses pembelajaran, setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis; terjadi peningkatan profesinalitas guru fisikapada setiap siklus pembelajaran yang dilakukan.Hal ini ditunjukan dengan semakin baiknya perangkat pembelajaran sebelum dilakukan diskusi plan, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan. Demikian juga dengan keterampilanberpikir kritis siswa terjadi peningkatan pada masing-masing siklus pembelajaran,walaupun pada siklus ketiga terjadi penurunan tetapi dapat tertutupi oleh siklus keempat yang mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata penguasaan indikator berpikir kritis siswa pada masing-masing siklus sebagai berikut, siklus pertama 26, siklus kedua 64, siklus ketiga 54, dan siklus keempat 74.

 

Keyword: Professionalism, critical thinking, and lesson study

Kata kunci: Profesonalitas, berpikir kritis, dan lesson study

Published

2016-06-30

Issue

Section

Artikel