PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Authors

  • Laxmi Zahara Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v6i2.27

Abstract

Berdasarkan observasi melalui wawancara dengan guru fisika MTs Muallimat NW Pancor diketahui bahwa, guru menerapkan metode ceramah secara monoton dalam pembelajaran fisika, hal ini berdampak pada hasil belajar kognitif siswa yang rendah, siswa pasif selama pembelajaran dan keterampilan motorik siswa tidak pernah diujikan. Oleh karena itu, perlu dicarikan pembelajaran yang membantu guru mengaktifkan siswa dengan cara mengaitkan materi pelajaran dengan keseharian siswa. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kontekstual model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Analisis data terhadap hasil belajar siswa berpedoman pada standar yang ditetapkan oleh sekolah yaitu, siswa yang memperoleh nilai minimal 70 untuk aspek afektif dan aspek psikomotorik serta 65 untuk aspek kognitif, sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa dalam satu kelas tuntas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual model inkuiri terbimbing, nilai rata-rata kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II hingga mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran kontekstual model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-C MTs Muallimat NW Pancor.

Published

2011-12-05

Issue

Section

Artikel