PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN MELALUI LESSON STUDY PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA STKIP HAMZANWADI SELONG

Authors

  • Padlurrahman Padlurrahman Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Hamzanwadi Selong
  • Baiq Aryani Novianti Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v8i1.8

Abstract

Kajian ini merupakan ulasan ilmiah tentang peran lesson study dalam meningkatkan kompetensi dosen program studi pendidikan Fisika di STKIP Hamzanwadi Selong. Kajian ini difokuskan pada pelaksanaan tahapan lesson study yang terdiri atas plan. do, dan see pada dua semester. Dengan demikian kajian ini dapat dikatagorikan sebagai action research. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan instrument observasi, angket, dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan tahapan reduksi, katagorisasi, dan sintesis. Subjek kajian adalah dosen model, observer, mahasiswa, dan PiC lesson studi program studi pendidikan Fisika.

 

Hasil kajian menunjukkan bahwa peran lesson study pada setiap semester dapat meningkatkan kompetensi dosen. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemampuan dosen antara lain mampu merencanakan pembelajaran, mengelola kelas, memilih materi dan alat evaluasi, memilih metode dan media pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi, dan memiliki sikap positif terhadap pembelajaran serta memiliki semangat kolegalitas yang tinggi. Selain itu, partisipasi dosen selama pelaksanaan lesson study menunjukkan tingkat partisipasi yang cukup baik seperti ikut serta dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Semua dilakukan secara bersiklus.

Published

2013-06-03

How to Cite

Padlurrahman, P., & Novianti, B. A. (2013). PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN MELALUI LESSON STUDY PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA STKIP HAMZANWADI SELONG. Educatio, 8(1), 81–94. https://doi.org/10.29408/edc.v8i1.8

Issue

Section

Artikel