Journal History

Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan merupakan nama jurnal yang diusulkan pada pengajuan ISSN melalui http://issn.pdii.lipi.go.id/ dan telah mendapat e-issn (2549-5585) dengan SK Nomor: 0005.25495585/JI.3.1/SK.ISSN/2017.02 tanggal 18 Februari 2017. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan selanjutnya disebut Fajar Historia ditujukan agar memudahkan pembaca maupun penulis mengidentifikasi nama jurnal. 

Fajar Historia pertama kali mempublikasikan artikel pada Vol. 1 No. 1 Juni 2017. Jurnal Fajar Historia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi dan diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi. Fajar Historia sudah terindeks Google Scholar, GarudaIndonesia OneSearch, BaseCrossref, Scilit, Dimensions, dan PKP Index.

Alhamdulillah Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Hamzanwadi telah terakreditasi Peringkat 4 (SINTA 4) sejak tanggal 23 Desember 2020. Hal ini didasarkan dengan Keputusan Menteri Ristek/Brin Nomor: 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020.

Sebagai bagian dari pengelolaan jurnal yang baik dengan tujuan peningkatan kualitas manajemen dan artikel di Jurnal Fajar Historia, pengelola telah melakukan revisi panduan template penulisan naskah artikel bagi penulis. Beberapa hal telah direvisi antara lain yaitu, sistematika penulisan, template, referensi minimal yang harus dirujuk, jumlah halaman naskah artikel, dan lain-lain. Informasi yang lebih lengkap dapat diakses melalui halaman Author Guidelines. Naskah artikel harus bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, plagiarisme, dan lain-lain. Informasi yang lebih lengkap dapat diakses melalui halaman Publication EthicsKebijakan ini berlaku untuk publikasi artikel pada Vol. 5 No. 1, Juni 2021 dan edisi seterusnya.