Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun
Keywords:
audio visual media, character, responsibilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest nonequevalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK PERTIWI Kuningan, sampel pada penelitian ini adalah dua kelas B TK Pertiwi Kuningan yaitu kelas B2 dan B6, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis varians (ANOVA) dengan bantuan program SPSS 20 for windows, pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh media audio visual terhadap karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan analisis ANOVA dengan nilai signifikansi yakni 0,000 pada taraf signifikansi 0,05.
References
Bandura, Albert. (1977). Sosial learning theory. New Jersey. Prentice hall.
Black, Joanna. (2014). Model new media video programs in arts education: Case Study Research. Internasional Journal of Education & Arts, 15, 1-25
Choirun Nisak Aulina. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. Pedagogia. 02, 36-49
Corry Pebriani. (2015). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pembelajaran ipa peserta didik kelas V sekolah dasar. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Dina Indriana. (2011). Ragamalat bantu media pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Dodds, Diane M. (2016). The effects of character education on social-emotional behavior. SOPIA. 11, 1-32
Furqon Hidayatullah. (2010). Pendidikan karakter membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Greene, Henry,. (2012). Cheryl Crespi. The value of student created videos in the college classroom – an exploratory study in marketing and accounting. International Journal of Arts & Sciences. 01, 273-283
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. (2002). Instructional media and technology for learning, 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Kemendiknas. (2012). Pedoman pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Kemendiknas. (2010). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Kosterelioglu, Liker. (2016). Student views on learning environments enriched by video clips. Universal Journal of Educational Research, 02, 360-369
Lickona, Thomas. (2008). Educating for character. New York: Bantam Book
Lickona, Thomas. (1991). Educating for character: how our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Miller, Marie Therese. (2009). Character education: managing responsibilities. New York: Chelsea House.
Montessori, Maria. (2004). The montessori method. America: Row Man & Littlefield Publishers. Inc.
Muthmainnah. (2013). Pemanfaatan video clip untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 02, 372-381.
Nadya Putri, (2012). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 kota solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 01, 318-328.
Ode, Elijah Ojowu. (2014). Impact of audio-visual (avs) resources on teaching and learning in some selected private secondary schools in makurdi. IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature. IMPACT: IJRHAL, 02, 196-201.
Och, Elinor., Carolina Izquierdo. (2009). Responsibility in childhood. Journal of the Society for Psychological Anthropology, 391-413. Published in University of California, Los Angeles.
Pala, Aynur. (2011). The need for character education. International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies, 02, 23-32.
Ratna Megawangi. (2015). Pendidikan karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation
Robet. (2013). Pembuatan materi belajar dengan pendekatan video based learning. Jurnal TIME, 02, 39-41
Salusky, ida., et all. (2014). How adolescents develop responsibility: what can be learned from youth programs. Journal of Adolescent Research, 01, 01-17
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ