Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Dayak Desa Melalui Media Flashcard Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Fransiska Fransiska STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat

Keywords:

Flashcard, Kosakata Bahasa Dayak Desa, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa melalui media flashcard pada siswa kelompok B (5-6 tahun) di TK Buah Rindang Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Bentuk penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua sikus. Penelitian dilaksanakan pada 17 siswa kelompok B (5-6 tahun) di TK Buah Rindang Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa pada siklus I sebesar 65,43%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa dengan menggunakan media flashcard belum meningkat secara optimal. Sedangkan pada siklus II anak mengalami peningkatan yang signifikan dengan hasil sebesar 84,18%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II terjadi sebesar 18,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media flashcard dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa pada siswa kelompk B (5-6 tahun) di TK Buah Rindang Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang

Author Biography

Fransiska Fransiska, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat

Pendidikan Anak Usia Dini

References

DAFTAR PUSTAKA

Adhani, D.N., Khofifah, Nurul & Yuanita, Dewi. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Volume 3, Nomor 2.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.

PERMENDIKNAS, KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

No.146 Tahun 2014.

Mukatiatun Sri. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah PG-PAUD Semarang. Vol.3 No.2.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurjanah. (2014). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II SDN 5 Soni. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol.4. No.8.

Papalia, Olds dan Feldman. (2009). Human Develompment Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak , edisi kesembilan, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Wiyani, Novan Ardi. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

(2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Zulkarnaini dan Idayanti Yeni. (2016). Media Kartu Huruf Begambar Lebih Meningkat Kemampuan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireun. JUPENDAS. Vol. 3. No. 1.

Downloads

Published

2018-12-31