Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life

Authors

  • Irul Khotijah

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1100

Keywords:

anak kelompok A, kemandirian, practical life,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life pada anak kelompok A di TK MTA Munggur. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A, TK MTA Munggur yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi anak dan lembar observasi aktivitas guru selama proses pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemandirian anak mencapai ≥75%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan kemandirian anak secara keseluruhan dari pratindakan, kriteria Mulai Berkembang (MB) ada sembilan anak dengan persentase 50%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 4 anak dengan persentase 22,23%, kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 5 anak dengan persentase 27,78%. Rerata pada pratindakan adalah 75,33 dengan persentase 55,39%. Pada siklus I kriteria Mulai Berkembang (MB) ada 1 anak dengan persentase 5,56%, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 5 anak dengan persentase 27,78%, kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 12 anak dengan persentase 66,67%. Rerata pada siklus I adalah 98,70 dengan persentase 72,58%. Pada siklus II kriteria Berkembanng Sangat Baik (BSH) ada 3 anak dengan persentase 16,67%, kriteria BSB ada 15 anak dengan persentase 83,34%. Rerata pada siklus II adalah 113,04 dengan persentase 83,33%.

Author Biography

Irul Khotijah

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Daftar Pustaka

Arikunto, (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asrori, M. (2008). Psikologi pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Burns, A (1999). Collaborative action research for english languange teachers. Unites Kongdom: Cambridge University Press.

Depdiknas. (2005). Pedoman pembelajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran bidang pengembangan pembiasaan di taman kanak-kanak. seri 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hurlock, E. (2004). Perkembangan anak jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. (2009). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta.

Masitoh. (2008). Strategi pembelajaran TK. Jakarta; Universitas Terbuka

Masnipal. (2013). Siap menjadi guru dan pengelola paud profesional. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, N. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rasdakarya Offset

Yamin, M & Sanan, J.S. (2013). Panduan PAUD: pendidikan anak usia dini. Ciputat: Referensi.

Yoni, Acep. (2012). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.

Mu’tadin, Z. 2002. Kemandirian sebagai kebutuhan psikologi pada remaja. Diakses 3 Agustus 2015. http://www.e-psikologi.com/epsi/search.asp

Wiyani, N.A. (2013). Bina karakter anak usia dini. Yoyakarta: Ar-Ruzz Media

Sulistyawati, Elisabeth Eka; Sujarwo, Sujarwo. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 28-37, apr. 2016. ISSN 2477-2992. Available at: <http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/8064>. Date accessed: 21 june 2016

Vibriyanthy, R., & Fauziah, P. (2014). Implementasi pendidikan karakter di homeschooling kak seto yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 75 - 85. Retrieved fromhttp://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2358/1957

Downloads

Published

2018-12-31