Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Kelompok B RA Al-Hasaniyah NW Jenggik

Authors

  • Najamuddin Najamuddin PG PAUD FKIP Universitas Hamzanwadi
  • Hidayaturrahman Hidayaturrahman RA Al Hasaniyah

Keywords:

Media Audio Visual, Penguasaan Kosakata (Kata Kerja Dan Kata Benda)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kosakata (Kata Kerja Dan Kata Benda) Anak Kelompok B2 Ra Alhasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design.. Populasi penelitian ini adalah kelompok B1 dan B2 RA Al Hasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2017/2018 . Sampel penelitian meliputi  kelompok B2 yang terdiri dari 15 anak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes. Tes  dalam bentuk lembar kerja siswa yang  terdiri atas 15 butir soal. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian normalitas kelas eksperimen pretest yaitu 8,65 dan postest yaitu 9,50 dengan X2 tabel 11,070, maka data hasil belajar anak berdistribusi normal dan dilihat dari rata-rata nilai akhir tes yaitu dari 57,6 menjadi 66,66, maka ada peningkatan hasil belajar anak, selain itu juga terlihat pada hasil perhitungan pengujian hipotesis yang menunjukan bahwa  thitung (2,226) > ttabel (2,131). Dimana ttabel dihitung dengan taraf kepercayaan 5% adalah 2,131. Jadi, hasil pengujian hipotesis adalah signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari hasil uji data tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap penguasaan kosakata (kata kerja dan benda) anak  Kelompok B2 Ra Alhasaniyah NW Jenggik Tahun Ajaran 2017/2018

References

Sugiyono. 2014. Meode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Wahyudi, Uyu Dan M. Agustin. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Pt. Refika Aditama

Downloads

Published

2017-07-01