Pengaruh Media Digital Art Illustration Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B

Authors

  • rani umi rahmawati STKIP MODERN NGAWI
  • Wening Sekar Kusuma
  • Dita Primashanti Koesmadi

Keywords:

anak, kemampuan, motorik halus, media

Abstract

Salah satu aspek perkembangan anak yang sangat penting dalam pertumbuhan anak adalah aspek fisik motorik, dalam kehidupan sehari-hari aspek fisik motorik sangat dibutuhkan untuk problem solving dan mempersiapkan kesiapan anak dalam memasuki pendidikan tingkat lanjut. Namun demikian, ditemui masih banyak anak yang kemampuan motorik halusnya rendah dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media digital art illustration terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design jenis One-Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Participant Observation. Penelitian diawali dengan melakukan tes diawal (pre test), kemudian diberikan perlakuan (treatement) dan diakhiri dengan pemberian test diakhir (post test). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil post test, hal ini menunjukan bahwa media digital art illustration berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B.

References

Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26.

Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38.

Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Nurhalizah, M. E., & Yuwafik, M. H. (2020). Women ’ S Participation in the Terrorist Network in the. Jutnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2), 1–181.

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100.

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649.

Qomariah, Q., Marlina, L., & Oktamarina, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Pada Siswa Kelompok B. Journal of Early Childhood Education (JECE), 2(1), 37–48.

Setiaji, R. S. (2020). Begitu pula dalam menciptakan sebuah karya seni dan desain dapat memanfaatkan teknologi. Imaji, Vol. 18, N, 72–78.

Swastyastu, L. T. J. (2020). Manfaat media pembelajaran dalam pemerolehan bahasa kedua anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52–59.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31.

Published

2023-06-30