Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK GMIT Syaloom Airnona Kota Kupang

Authors

  • Irul Khotijah
  • Gallex Simbolon
  • Oktafiani Sunarti Purnama
  • Sartika Kale

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.15044

Keywords:

peran guru, kemandirian, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK GMIT Syaloom Airnona Kota Kupang serta apa saja faktor yang menghambat perkembangan kemandirian anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelompok B2 dan Kepala Sekolah di TK GMIT Syaloom Airnona. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak di TK GMIT Syaloom Airnona kota kupang sudah sangat baik, dimana guru menjalankan 6 peranan yang dapat membantu mengembangkan kemandirian anak, antara lain; peran dalam memberikan pemahaman positif, Peran dalam membiasakan anak untuk rapi, Peran dalam memberikan permainan, Peran dalam memberikan anak pilihan sesuai dengan minat, Peran dalam membangun komunikasi dengan orangtua anak komunikasi Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam perkembangan kemandirian anak ada faktor internal (karakter anak yang berbeda) dan faktor eksternal ( pola asuh orangtua dan lingkungan).

        Kata kunci: peran guru, kemandirian, anak usia dini

References

Adriana, R., Marmawi, M., & Miranda, D. (2022). Peran Guru Melatih Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bruder Melati Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(10), 2072-2078.

Anggraini, R., Yusria, Y., & Ridwan, R. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Kelompok B TK As-Shofa Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Baidi, B. (2019). The role of parents’ interests and attitudes in motivating them to homeschool their children. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 156-177.

Bandut, F., Bali, E. N., Wollo, S., & Telik, Y. (2021). Teacher's Professional Learning Practices During the Pandemic Period at St. Maria Assumpta. Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS), 2(2), 64-73.

Heriyansyah. 2018 “Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1 (1) : 116-127

Islami, A. W., Dkk. ( 2021). Peran Guru Dalam Penanaman Perilaku Mandiri Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Sari Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 10 (2) :1-8

Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.

Lestari, R. (2018). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B2 Di Tk Al-Kautsar Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mandas, A. L., Lausan, M. L., & Dampi, S. V. (2021). Hambatan Perkembangan pada Anak TK. Journal of Psychology" Humanlight", 2(2), 41-58.

Nafissi, Z., & Shafiee, Z. (2020). Teachers’ roles in early childhood English language pedagogy: beliefs of kindergarten English language teachers. Journal of Early Childhood Teacher Education, 41(3), 306-324.

Paruha, B. E., & Yuniarni, D. (2020). Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kristen Immanuel II Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(06).

Salina, E., & Thamrin, M. (2014). Faktor-faktor penyebab anak menjadi tidak mandiri pada usia 5-6 tahun di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6).

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57.

Setyaningsih, T. S. A., & Wahyuni, H. (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 62-77.

Shoobihah, F., Chaerul, A., & Syahid, A. (2022). The Role of Teachers in Shaping Early Childhood Responsibility Independence in RA Al-Falah Klender. IJRAEL: International Journal of Religion Education and Law, 1(2), 125-129.

Sugiyono, 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Penerbit Alfabeta,CV. Bandung. 1-2

Tasaik, H.L. dkk. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. Jurnal Metodik Didaktik. 14 (1) : 45-55

Yamamoto, Y., Holloway, S. D., & Suzuki, S. (2016). Parental engagement in children's education: Motivating factors in Japan and the US. School Community Journal, 26(1), 45-66.

Watini, S. (2020, March). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 4, p. 042055). IOP Publishing.

Wiyani, N.A. (2013) Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 89-108

Published

2023-06-30