Peningkatan Kreativitas Anak Berbasis Steam Melalui Media Pembelajaran Loose Part
Keywords:
kreatifitas anak, STEAM, Loose part.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan bagaimana peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui penggunaan media loose part. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya yang setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini peserta didik KOBER Saluyu, 8 anak laki-laki, 12 anak perempuan semester II tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peningkatan kreativitas melalui media loose part adalah penggunaan media pembelajaran loose part dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak di KB Saluyu Kecamatan Ciwaru dari hasil data persentase siklus I terdapat kategori sangat baik 30% pada siklus II terdapat 55% dan pada siklus III terdapat 80%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I, siklus II dan siklus III sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian bahwa dalam penggunaan media pembelajaran loose part dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak di KB Saluyu..References
Akmal, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Pada Siswa Kelompok B Tk Islam Ylpi Marpoyan Pekanbaru. Generasi Emas, 1(2), 79. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2561
April, S. S., & April, S. S. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. 5(02), 275–281.
Audi, J., Kreativitas, M., & Usia, A. (2020). Jurnal audi. 3359(449), 19–31. Dirlanudin. (n.d.). Pengembangan bakat kreativitas anak. 174–187.
Fono, Y. M., & Ita, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza. 5, 9290–9299.
Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454– 5462.
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Ii, B. A. B. (n.d.). No Title. 1(2), 13–45. Iii, B. A. B. (2011). No Title. 41–64.
Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. 1(1), 1–8.
Miftahul, J. (2017). Pemanfaatan kain perca batik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. UNNES.
Muhson, A. (2008). penelitian tindakan kelas. 1–9.
Musfiroh, T. (2002). KREATIVITAS ANAK USIA DINI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN.
Olifia, G. A. (2008). Upaya Meningkatkan Kreativitas..., Gege Adilfi Olifia, FKIP UMP, 2014 8. 8–45.
Rohmatun, S., Setiyani, E., Rohfirsta, F., Fitamaya, D., Nisa, R., & Nofan Zulfahmi, M. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. Journal of Education and Teaching (JET), 2(2), 129–136. https://doi.org/10.51454/jet.v2i2.114
Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645
salis, k., & betik, m. institut KH. abdul, C. (n.d.). Katakunci: kreativitas anak, media origami.
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Wachidi, W., & Sudarwan, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Pendekatan
Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 02(1), 57–61. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/17895
Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.287
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ