Peningkatan Kreativitas Anak Berbasis Steam Melalui Media Pembelajaran Loose Part

Authors

  • nika cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Poppy Wulandari STKIP MUhammadiyah Kuningan

Keywords:

kreatifitas anak, STEAM, Loose part.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan bagaimana peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui penggunaan media loose part. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya yang setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini peserta didik KOBER Saluyu, 8 anak laki-laki, 12 anak perempuan semester II tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peningkatan kreativitas melalui media loose part adalah penggunaan media pembelajaran loose part dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak di KB Saluyu Kecamatan Ciwaru dari hasil data persentase siklus I terdapat kategori sangat baik 30% pada siklus II terdapat 55% dan pada siklus III terdapat 80%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I, siklus II dan siklus III sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian bahwa dalam penggunaan media pembelajaran loose part dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak di KB Saluyu..

References

Akmal, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Pemberian Tugas Melipat Kertas Pada Siswa Kelompok B Tk Islam Ylpi Marpoyan Pekanbaru. Generasi Emas, 1(2), 79. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2561

April, S. S., & April, S. S. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. 5(02), 275–281.

Audi, J., Kreativitas, M., & Usia, A. (2020). Jurnal audi. 3359(449), 19–31. Dirlanudin. (n.d.). Pengembangan bakat kreativitas anak. 174–187.

Fono, Y. M., & Ita, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza. 5, 9290–9299.

Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454– 5462.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Ii, B. A. B. (n.d.). No Title. 1(2), 13–45. Iii, B. A. B. (2011). No Title. 41–64.

Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. 1(1), 1–8.

Miftahul, J. (2017). Pemanfaatan kain perca batik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. UNNES.

Muhson, A. (2008). penelitian tindakan kelas. 1–9.

Musfiroh, T. (2002). KREATIVITAS ANAK USIA DINI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN.

Olifia, G. A. (2008). Upaya Meningkatkan Kreativitas..., Gege Adilfi Olifia, FKIP UMP, 2014 8. 8–45.

Rohmatun, S., Setiyani, E., Rohfirsta, F., Fitamaya, D., Nisa, R., & Nofan Zulfahmi, M. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. Journal of Education and Teaching (JET), 2(2), 129–136. https://doi.org/10.51454/jet.v2i2.114

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

salis, k., & betik, m. institut KH. abdul, C. (n.d.). Katakunci: kreativitas anak, media origami.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Wachidi, W., & Sudarwan, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Pendekatan

Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 02(1), 57–61. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/17895

Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 74–83. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.287

Downloads

Published

2022-12-31