KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA DENGAN TINGKAT EKONOMI RENDAH DI KOTA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive terdiri dari lima orang tua dari keluarga pendatang dengan tingkat ekonomi rendah. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hasil penemuan. Pertama, keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak baik di rumah dan di sekolah. Sebagian besar pengarahan orang tua pendatang dengan tingkat ekonomi rendah cenderung lebih memperhatikan kegiatan agama anak dibandingkan kegiatan lainnya. Kedua, faktor yang memperngaruhi keterlibatan orang tua pada proses pendidikan ada dua yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor yang menghambat keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan adalah ekonomi keluarga, budaya yang ada di masyarakat sekitar, keterbatasan waktu yang dimiliki, sifat dan jumlah anak serta pihak sekolah, sedangkan faktor yang dapat mendukung keterlibatan orang tua pada proses pendidikan anak adalah dukungan keluarga, program dari sekolah, anak dan dukungan dari masyarakatDownloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ