KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA DENGAN TINGKAT EKONOMI RENDAH DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Dinda Rizki Tiara Universitas Trunojoyo Madura
  • Ajeng Rizki Safira

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.16596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive terdiri dari lima orang tua dari keluarga pendatang dengan tingkat ekonomi rendah. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hasil penemuan. Pertama, keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak baik di rumah dan di sekolah. Sebagian besar pengarahan orang tua pendatang dengan tingkat ekonomi rendah cenderung lebih memperhatikan kegiatan agama anak dibandingkan kegiatan lainnya. Kedua, faktor yang memperngaruhi keterlibatan orang tua pada proses pendidikan ada dua yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor yang menghambat keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan adalah ekonomi keluarga, budaya yang ada di masyarakat sekitar, keterbatasan waktu yang dimiliki, sifat dan jumlah anak serta pihak sekolah, sedangkan faktor yang dapat mendukung keterlibatan orang tua pada proses pendidikan anak adalah dukungan keluarga, program dari sekolah, anak dan dukungan dari masyarakat

Downloads

Published

2023-06-30