DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Keywords:
Authoritarian Parenting, Permissive Parenting, Democratic Parenting, and Children's CharacterAbstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah adanya pola asuh yang beragam terjadi dikalangan masyarakat yang berakibat atau berdampak pada pembentukan karakter anak usia dini. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap karakteristik anak akibat pola asuh otoriter, 2) untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap karakteristik anak akibat pola asuh permisif, 3) untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap karakteristik anak akibat pola asuh demokratis. Metode penelitian ini menggunakan metode naratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Objek penelitian ini adalah oran tua murid kelompok B TK PGRI Beber dengan jumlah 32 responden. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat 37% orangtua murid kelompok B di TK PGRI Beber menerapkan pola asuh otoriter, 47% menerapkan pola asuh permisif, 16% menerapkan pola asuh demokratis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa baik buruknya karakter anak tergantung pada pola asuh orang tua yang diterapkan.
Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Permisif, Pola Asuh Demokratis, dan Karakter Anak
Abstract
The background of the research is that various parenting styles occur in society, which impact the formation of early childhood characters. This study aims to 1) determine the impact of authoritarian parenting on children's characteristics, 2) determine the impact of permissive parenting on children's characteristics, and 3) determine the impact of democratic parenting on children's characteristics. Narrative and qualitative research design were adopted in this study, then for the data-collecting techniques, the researchers used questionnaires and observation. 32 respondents represented the objects of the study, which were the parents of students in group B of the TK PGRI Beber. According to the findings of this study, 37% of parents of group B students in TK PGRI Beber adopted authoritarian parenting, 47% adopted permissive parenting, and 16% adopted democratic parenting. As a result, it can be concluded that the good and bad character of the child depends on the parenting applied.
Keywords: Authoritarian Parenting, Permissive Parenting, Democratic Parenting, and Children's CharacterReferences
Amirulloh Syarbini. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hourlock. (1978). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Airlangga.
Kusdi, S. S. (2018). Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-111.
Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.
Muhamad Takdir Ilahi. (2013). Quantum Parenting, Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Kata Hati
Mulyasa.2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Roini, S. (2018). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 21-32.
Syaiful Bahri Djamarah. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta
Zakiyah, N., Nurhikma, N., & Asiyah, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi COVID-19. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 127-138.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ