DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Authors

  • Farlina Hardianti Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Rabihatun Adawiyah

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.17444

Keywords:

Authoritarian Parenting, Permissive Parenting, Democratic Parenting, and Children's Character

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pola asuh yang beragam terjadi dikalangan masyarakat yang berakibat atau berdampak pada pembentukan karakter anak usia dini. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap karakteristik anak akibat pola asuh otoriter, 2) untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap karakteristik anak akibat pola asuh permisif, 3) untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap karakteristik anak akibat pola asuh demokratis. Metode penelitian ini menggunakan metode naratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Objek penelitian ini adalah oran tua murid kelompok B TK PGRI Beber dengan jumlah 32 responden. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat 37% orangtua murid kelompok B di TK PGRI Beber menerapkan pola asuh otoriter, 47% menerapkan pola asuh permisif, 16% menerapkan pola asuh demokratis. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa baik buruknya karakter anak tergantung pada pola asuh orang tua yang diterapkan.

Kata Kunci: Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Permisif, Pola Asuh Demokratis, dan Karakter Anak

 

Abstract

The background of the research is that various parenting styles occur in society, which impact the formation of early childhood characters. This study aims to 1) determine the impact of authoritarian parenting on children's characteristics, 2) determine the impact of permissive parenting on children's characteristics, and 3) determine the impact of democratic parenting on children's characteristics. Narrative and qualitative research design were adopted in this study, then for the data-collecting techniques, the researchers used questionnaires and observation. 32 respondents represented the objects of the study, which were the parents of students in group B of the TK PGRI Beber. According to the findings of this study, 37% of parents of group B students in TK PGRI Beber adopted authoritarian parenting, 47% adopted permissive parenting, and 16% adopted democratic parenting. As a result,  it can be concluded that the good and bad character of the child depends on the parenting applied.

Keywords: Authoritarian Parenting, Permissive Parenting, Democratic Parenting, and Children's Character

References

Amirulloh Syarbini. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hourlock. (1978). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: Airlangga.

Kusdi, S. S. (2018). Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak. AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100-111.

Maimunah Hasan. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.

Muhamad Takdir Ilahi. (2013). Quantum Parenting, Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Kata Hati

Mulyasa.2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Roini, S. (2018). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 21-32.

Syaiful Bahri Djamarah. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Zakiyah, N., Nurhikma, N., & Asiyah, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi COVID-19. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 127-138.

Published

2023-07-01