IMPLEMENTASI KEMAMPUAN BERCERITA GAMBAR SERI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Riski Wulan Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.17448

Abstract

Kemampuan bercerita merupakan salah satu perkembangan yang penting dalam tahap berbicara pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui gambar seri pada anak kelompok A2. Adapun teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator yang diamati yaitu menirukan kembali 2 sampai 4 urutan angka, urutan kata, mengikuti 2 sampai 3 perintah sekaligus, berbicara lancar, menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan oleh guru, memberikan informasi tentang suatu hal, menyebutkan nama benda, binatang, dan menceritakan gambar yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemampuan bercerita anak dengan menggunakan metode gambar seri dan analisis data dengan perhitungan berdasarkan presentase. Adapun buktinya yakni berdasarkan kriteria kemampuan bercerita anak bahwa kemampuan bercerita anak kelompok A2 melalui kegiatan bercerita dengan gambar seri dari Siklus I, Siklus II, dan Siklus III ada peningkatan yang signifikan yaitu pada Sangat Baik meningkat 18%, sedangkan Baik berkurang 45%, Cukup berkurang 27%, dan Kurang menurun 9%.

Author Biography

Riski Wulan Agustin, Universitas Negeri Surabaya

Nama Riski Wulan Agustin, S.Pd

Kuliah di Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur

Program Studi Pendidikan Profesi Guru PG-PAUD

 

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.

Indonesia, S. Kajian Indikator 2011-Indikator Anak Indonesia 2011. Statistics Indonesia.

Muspawi, M., Suryani, I., & Rahayu, A. Y. (2020). Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 1-9.

Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 67-76.

Rosmala, D., Hidayati, A. N., & Abdullah, F. (2021). Early language development of a child with expressive language disorder: A parents’ narration. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 8(1), 86-96.

Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020, November). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Kajian Psikolinguistik). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 1-7).

Sugianto, R. (2022). Analisis Perbandingan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), KTSP (Kurikulum Berbasis Sekolah), dan Kurikulum 2013. YASIN, 2(3), 351-360.

Suhartono. (2005). Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Pendidikan Dasar Anak Usia DIni.

Published

2023-06-30