ANALISIS DAMPAK RADIASI GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK DAN KOGNITIF ANAK

Authors

  • Fungki Oktaviyati Pendidikan Fisika Universitas Jember
  • Detania Faridawati
  • Irene Widya Siswanti
  • Ronald Fransisco Havana
  • Rif'ati Handayani

Keywords:

Gadget, Radiasi, Perkembangan

Abstract

Gadget merupakan suatu alat elektonik kecil yang memiliki beragam fungsi khusus. Adanya gelombang radiasi pada gadget memancarkan berbagai dampak yang dapat membahayakan bagi sistem organ manusia.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Pengumpulan data diperoleh dari jurnal, prosiding, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini bahwa penggunaan gadget secara berlebihan akan mengakibatkan pancaran sinar biru yang ada mempengaruhi perkembangan otak. Dimana hal itu bisa sangat mempengaruhi perkembangan motorik dan perkembangan otak anak atau kognitif. terlalu sering dan berlebihan menggunakan gadget dapat memiliki dampak negatif terhadap perkembangan motorik dan kognitif anak. Kesimpulan pada penelitian ini penting bagi orang tua, pendidik, dan masyarakat untuk memahami dampak negatif yang mungkin timbul akibat penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak. Diperlukan kesadaran dan tindakan yang tepat, seperti mengatur waktu penggunaan gadget.

References

Bangsawan, I., Ridwan, R., & Fauziyah, N. (2022). PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 31–39. https://doi.org/10.23960/JPA.V8N1.24067

Berlianti, N. A., Hayati, N., Af’idah, N., Manasikana, O. A., & Wijayadi, A. W. (2021). Sosialisasi Resiko Paparan Radiasi Gelombang Elektromagnetik yang dihasilkan oleh Smartphone terhadap Pertumbuhan Otak Anak. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 663 670-663 670. https://doi.org/10.21067/JPM.V6I2.5399

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET BERDASARKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK DI SOROWAKO. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/MARTABAT.2020.4.1.1-22

Hidasari, F. P. (2019). INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN AKTIVITAS MOTORIK ANAK USIA 4-6 TAHUN DI KOTA PONTIANAK. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(2), 85–91. https://doi.org/10.36706/ALTIUS.V8I2.9980

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356–368. https://doi.org/10.36418/SYNTAX-IMPERATIF.V1I5.159

Indra, N., & Sari, V. P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Janiasih, P., Wardana, K. E. L., & Suarmini, K. A. (2022). Dampak Pemberian Gadget Pada Anak Balita Di Desa Patemon Kecamatan Seririt. Jurnal Kesehatan Medika Udayana, 8(02), 136–148. https://doi.org/10.47859/JMU.V8I02.216

Junaedi, E., Hufad, A., & Fathurohman, M. (2020). PENGGUNAAN HANDPHONE ANDROID BAGI PERKEMBANGAN ANAK. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 94–106. https://doi.org/10.38035/JMPIS.V2I1.399

Marinding, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone. Honoli Journal of Primary Teacher Education, 1(1), 17–25.

Maulusi, I. S., & Rahagia, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Psikomotorik Anak Usia Dini (3-5) Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 3(2), 93–103. https://doi.org/10.30587/IJPN.V3I2.4701

Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 558–568. https://doi.org/10.29408/GOLDENAGE.V6I2.6462

Mimin, E., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 558–568. https://doi.org/10.29408/GOLDENAGE.V6I2.6462

Ningsih, I. F., Fatimah, E. R., & Ramadanty, A. (2022). Dampak dan Upaya Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Anak. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 211–218.

Rahayu, S. P., Mutya, M. F. T., & Muliati, R. (2022). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak pada Masa Early Childhood. Psyche 165 Journal, 15(4), 140–145. https://doi.org/10.35134/JPSY165.V15I4.201

Silalahi, S. Y. (2022). Gadget dan Anak Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 335–346. https://doi.org/10.34007/PPD.V1I1.219

Subarkah, M. A. (2019). PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/RF.V15I1.1374

Sukmawati, B. (2019). PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK USIA 3 TAHUN DI TK BUAH HATI KITA. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(1), 51–60.

Sulastri, & Rini, S. H. S. (2022). HUBUNGAN JENIS APLIKASI GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI KECAMATAN WELERI. Jurnal Surya Muda, 4(2), 118–132. https://doi.org/10.38102/JSM.V4I2.201

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Wulandari, H., & Santoso, M. B. (2020). Proses Parental Mediation Terhadap Anak Usia Prasekolah Dalam Menggunakan Gadget. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 232. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26252

Yanti, E., Fridalni, N., Syedza, S., Padang, S., Mercu, S., & Padang, B. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 225–236. https://doi.org/10.30633/JKMS.V11I2.761

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I1.127

Published

2023-06-30