IMPLEMENTASI MODEL MONTESSORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Firda Yusshinta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18312

Keywords:

Matematika, Montessori, Anak Usia 5-6 tahun

Abstract

Pembelajaran matematika untuk anak usia dini merupakan ranah yang sangat dibutuhkan untuk menstimulasi anak dalam kemampuan berpikir, dan daya ingat anak, serta dapat mempengaruhi perkembangan anak pada aspek lainnya. Kemampuan anak mengenal matematika dapat dipahami dengan baik jika model pembelajaran yang digunakan oleh guru sesuai dengan pekembangan dan menggunakan alat konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Montessori dalam pembelajaran matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Montessori dalam pembelajaran matematika pada anak usia 5-6 tahun anak sudah mampu mengenal bilangan 1-10 sampai operasi bilangan dengan alat konkret atau apparatus Montessori sehingga anak lebih mudah paham dan mengerti serta mampu menyelesaikan kegiatan tanpa bantuan oleh guru.

Author Biography

Firda Yusshinta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

PG PAUD

References

Anugrahana, A. (2019). Media Pembelajaran Sensorial Bagi Anak Usia Dini Model Pendekatan Montessori. Sanata Dharma University Press.

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1).

Lee Gutek, G. (2015). Metode Montessori Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) (Terjemahan : Ahmad Lintang Lazuardi, Ed.; Edisi Revi). Pustaka Belajar.

Masyrofah, M. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).

Mutiara, S. (2021). Perspektif Guru Terhadap Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 5(1).

Nuraeni, E., Hanapiah, E., & Yanti Ulpah, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Klasikal Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini di TK Al-Falah. Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 1 No.2, 89.

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity. PT Bentang Pustaka.

Published

2023-06-30