INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DENGAN KURIKULUM PAUD: STRATEGI MEWUJUDKAN SISWA PAUD PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Elka Mimin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18336

Abstract

Nilai-nilai kearifan lokal mengandung fungsi dan peran yang luas dalam tatanan kehidupan bangsa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang integrasi nilai-nilai kearifan lokal sebagai strategi cerdas dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada siswa PAUD. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: nilai-nilai kearifan lokal bangsa Indonesia yang meliputi: cinta kepada Tuhan dan alam semesta beserta isinya; tanggung Jawab, disiplin, dan mandiri; jujur; hormat dan santun; kasih sayang, dan peduli; percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah; keadilan dan kepemimpinan; baik dan rendah hati; toleransi dan cinta damai dapat diintegrasikan dengan kurikulum merdeka PAUD sebagai strategi cerdas untuk mewujudkan siswa PAUD berprofil pelajar pancasila. Dengan demikian, pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dengan kurikulum merdeka PAUD sebagai strategi cerdas dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada siswa PAUD. 

References

DAFTAR PUSTAKA

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pedidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3(2), 106–119. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/3663/3670

Brata. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 05(01). http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/Bakti/article/view/226

Erawati, T. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Issue Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini). http://lib.unnes.ac.id/40470/1/UPLOAD DISERTASI TURINI ERNAWATI.pdf

Hadi, M. Y., Meirani, R. K., & Minatullah. (2022). Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (DIKDAS). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Kesenian Ojhung Dan Singo Ulung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila, 1–12. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3329/1872

Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudkan Pelajar Pancasila Dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal Dalam Kurikulum Merdeka. ILMA (Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keagamaan), 1(1), 76–81. https://doi.org/https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.457

Hardiyanti & Marhani. (2018). Nilai Kearifan Lokal Dalam Cerita Rakyat dan Peranannya Dalam Membentuk Karakter Anak Didik. Proseding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan, 313–319.

Kemendikbud RI. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. https://repositori.kemdikbud.go.id/25344/

Khumairo, A. (2017). Konseling Keluarga dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pola Pikir Anak. Elementary, 3, 61–71. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/789/668

Kurniawan, M. W., & Lutfiana, R. F. (2021). Penguatan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal di SMA Se-Malang Raya. Jurnal Civic Hukum, 6(1), 61–70. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.15254

Kusuma, R. S. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pedagogik, 05(02), 228–239. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/385

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & N, R. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/download/27/27

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6182–6195. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472

Sitokdana. (2018). Pendidikan Berbasis Bokam dan Sukam. Kanisius, Catur Tunggal, Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Syauki, A., Bening, T. P., Aisyah, S. N., & Sukiman. (2022). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4783–4793. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2870

Published

2023-06-30