PENGARUH PENDIDIKAN SEKSUAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LEMBAGA KB NURUL IMAN

Authors

  • Suhirman Suhirman
  • Nur Adiyah Yuliastri UNIVERSITAS HAMZANWADI
  • Dina Agustiani

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18346

Keywords:

Perkembangan moral, pendidikan seksual, anak usia dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan seksual terhadap pengembangan moral anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di KB Nurul Iman Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental desaigndengan bentuk One-Group pretest- posttest desaign. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B KB Nurul Iman  yang berjumlah 15 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kreativitas anak saat pre-test yang berjumlah 183 dengan rata-rata presentase yaitu 43% dan dikategorikan penilaian Mulai Berkembang (MB) dan setelah diberikan perlakuan atau (treatment) kemudian diadakan posttest diperoleh moral seluruh anak yaitu 379 dengan rata-rata 90% dan kategori penilaian Berkembang Sangat Baik (BSB). Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis thitung yaitu 41,5480dengan nilai yaitu 2,145 maka nilai thitung (41,5480)≥(2,145). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan seksual  dapat efektif digunakan untuk mengembangkan aspek moral anak usia 5-6 tahun di KB Nurul Iman

References

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Faqumala, D. A., & Pranoto, Y. K. S. (2020). Kesiapan anak masuk sekolah dasar. Penerbit NEM.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Kartini, U., & Kusmanto, A. S. (2022). Efektivitas Generasi Unggul Terhadap Penerapan Inovasi Berkarakter Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(8), 1463–1476.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 1–12.

Mia Amalia, S. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Hidup Itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem Karya Emha Ainun Nadjib. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–127.

Purwoko, Y. (2023). Memasuki Masa Remaja Dengan Akhlak Mulia. Nuansa Cendekia.

Sulistiani, S. L. (2016). Konsep Pendidikan Anak Dalam Islam Untuk Mencegah Kejahatan Dan Penyimpangan Seksual. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 99–108.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Tarigan, J. E. (2022). KONSEP PESERTA DIDIK. Pengantar Pendidikan, 49.

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.

Yenti, Y., & Maswal, A. (2021). Pentingnya peran pendidik dalam menstimulasi perkembangan karakter anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2045–2051.

Published

2023-06-30