Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf " Rasa Maca " Pada Anak Kelompok B di TK Anggrek Mangunharjo Ngawi

Authors

  • Risma Diyan Utami Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan MODERN
  • Arwendis Wijayanti
  • Octavian Dwi Tanto

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18528

Keywords:

membaca permulaan, kartu huruf, bahasa

Abstract


Abstrak
Pengembangan bahasa untuk anak usia dini adalah agar anak mampu berkomunikasi dengan orang lain. Dengan membaca secara teratur tidak hanya dapat meningkatkan kecerdasan tetapi juga meingkatkan kekuatan otak , mengasah daya ingat dan menambah pengetahuan. Membaca dalam pendidikan anak usia dini menjadi menjadi dasar pembentukan bagi kemampuan anak. Kemampuan membaca yang baik akan mempermudah anak dalam melakukan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf "rasa maca" pada anak kelompok B di TK Anggrek Mangunharjo Ngawi. Melalui penelitian tindakan kelas ini diketahui kemampuan membaca permulaan dari 12 siswa hanya 2 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan 2 siswa dalam kategori cukup dan 8 siswa dalam kategori kurang. Kartu huruf "rasa maca" diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan secara optimal.

Author Biography

Risma Diyan Utami, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan MODERN

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Astuti, S. K. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan DI Kelompok A Taman Kanak-kanak Aba Pendowo. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 194–204.

Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144.

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Crain, William. Teori Perkembagan, Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Dalman, H. (2015). Keterampilan menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suryanti, I. (2013). Upaya Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak melalui Metode Glan Doman pada Anak.

.

Published

2023-06-30