Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Usia 5 Tahun Menggunakan Bahasa Krama Inggil

Authors

  • Fitria Nur Hasanah STKIP Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti
  • Dita Primashanti Koesmadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18545

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah membentuk karakter generasi bangsa yang berkualitas dengan tujuan pembentukan karakter sopan santun anak sejak dini menggunakan bahasa krama inggil. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian anak sudah terbiasa menggunakan bahasa krama inggil sejak dini, karakter sopan santun anak terlihat dengan sendirinya saat anak berbicara menggunakan bahasa krama inggil. Kesimpulannya jika pembiasaan ini anak terapkan akan menjadi bekal untuk kehidupan anak kedepannya.

Author Biography

Fitria Nur Hasanah, STKIP Modern Ngawi

Fitria Nur Hasanah, Prodi PG-PAUD, STKIP Modern Ngawi, Tahun Masuk 2019

References

Aini, Q. (2019). Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Tk Adirasa Jumiang. Islamic EduKids, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1699

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan kesantunan bahasa anak usia dini melalui media pembelajaran interaktif budaya jawa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150–157.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Dini, J. (2021). Penanaman sikap sopan santun dalam budaya jawa pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070.

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(2), 114–125.

Geertz, H. (1982). Keluarga Jawa, Penerjemah Hersari. Jakarta: Grafiti.

Istiana, Y. (2017). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90–98.

Krauße, D. (2022). Polite vocabulary in the Javanese language of Surabaya. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 19(1), 3.

Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022

Rohullah, R. (2017). Pengaruh perilaku bahasa dalam masyarakat terhadap mutu pendidikan dan perkembangan sikap/karakter pada anak usia dini. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).

Sinaga, R. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Societas Dei: Jurnal Agama Dan Masyarakat, 5(2), 180. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89

Downloads

Published

2023-06-30