PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Rizka Nuraeni Suhanda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah PG-PAUD Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Isti Rusdiyani

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang Peran Guru dalam Penggunaan Toilet Training untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Izah Kota Serang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan dari aktivitas anak dan peran guru dalam penggunaan toilet training di RA Al-Izzah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peran Guru dalam Penggunaan Toilet Training untuk Meningkatkan Kemandirian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan toilet training membutuhkan perencanaan, pelaksaan serta evaluasi. Pada perencanaan guru membuat perencanaan pada masa ta’aruf observasi sensorimotor masa observasi. Pada tahap pelaksanaan menggunakan pembiasaan dengan teknik praktik langsung, modelling, verbal dan reward. Serta ada evaluasi untuk mengetahui sejauh mana program telah berhasil dilakukan. Peran guru sebagai fasilitator, seperti guru memberikan contoh penggunaan toilet training dengan menggunakan fasilitas toilet yang sudah tersedia. Peran guru sebagai inspirator, seperti guru mendorong minat anak untuk mampu melakukan BAB dan BAK sendiri tanpa bantuan dari guru serta guru memberikan contoh tahap penggunaan toilet training kepada anak. Peran guru sebagai pembimbing, seperti guru memberikan bimbingan pada anak yang kesulitan melakukan toilet training. Peran guru sebagai motivator, seperti guru selalu membimbing dan memotivasi anak untuk berani mengungkapkan keinginannya. Peran guru sebagai mediator yaitu guru menyediakan peralatan pendukungnya seperti sabun cuci tangan, gayung, ember,air bersih dan lain-lain. Kelebihan dan kekurangan adalah toilet yang letaknya dekat dengan anak yaitu di dalam kelas. Perkembangan kemandirian anak di RA Al-Izzah sudah berkembang dengan baik, salah satunya anak sudah mampu dan berani ke toilet sendiri serta melakukan aktivitas sendiri di toilet.

References

Abidah, S. B. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Muslimat Nu 001 Ponorogo. April.

Amaliah, L. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini.

A, Muri. Y. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif & Penelitian Gabungan. Rawamangun – Jakarta : Kencana. 376

Arsyiah, N. (2019). Peran guru dalam melatih kemandirian anak usia 3-4 tahun di tk tunas muda I Ikkt palmerah jakarta barat.

Buchari, A. (n.d.). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pendahuluan. 12, 106–124.

Chairilsyah, D. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. 3(1), 88–98.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatimah Rizkyani, Vina Adriany, E. S. (2019). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua Oleh : Fatimah Rizkyani , Vina Adriany , Ernawulan Syaodih Program Studi Pendidikan Guru Pe ndiddikan Anak Usia Dini Departemen Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indon. 16(229).

Hasibuan, S. C., Armayani, D., & ... (2021). Toilet Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pembentukan Kemandirian di RA Nurul Islam). Aud …, 01(01), 174–187. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/article/view/123

Hendrik Lempe Tasaik, P. T. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. 14(1), 45–55.

Husna, M. (2019). Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Dini.

Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. 1(2), 142–154.

Komalasari, E., Studi, P., Sosiologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Peran Guru Dalam Media Dan Sumber Belajar Di Era Disrupsi. 2(1).

Komariah, K., Mulyanto, A., & Nurapriani, R. (2018). Pengaruh Toilet Training Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkq Al-Huda. 3.

Pinka Citra Amanda, Cucu Atikah, T. E. Y. (n.d.). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. 6(November 2019), 4–5.

Rosa, N. N., & Retnaningsi, L. E. (2022). Metode Penerapan Toilet Training dalam Pembentukan Kemandirian di KB Tunas Harapan. 4, 1707–1715.

Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3577

Wahyu, E. Y., Dewi, N. K., & Fauziah, S. (2021). Implementasi Pemenuhan Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Tk Inklusi Fun and Play. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.

Yanti, A. F. (2021). Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education Peran Orang Tua dalam Mendisiplinkan Toilet Training Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 2-4 Tahun di Desa Bakal Dalam Kec.Talo Kecil Kab. Seluma). 5(1), 10–20.

Zulkhaidir, Z. M. (2021). Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting.1, 128–141. https://doi.org/10.47476/ dawatuna. vii1.562

Published

2023-12-31