Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Tradisional di Sanggar Flamingo

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18709

Keywords:

nilai moral, tari tradisional, anak usia dini.

Abstract

Penanaman Nilai Moral dapat dilakukan sejak dini karena anak akan lebih mudah dalam menerima rangsangan positif yang dapat membawa pengaruh baik dalam tumbuh kembangnya sebagai manusia. Maka dari itu, diperlukan pengenalan kebudayaan positif di Indonesia yang banyak mengandung nilai moral secara kreatif, inovatif, dan edukatif agar anak-anak tertarik untuk mempelajari kebudayaan. Seni tari merupakan media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pembelajaran mengenai nilai moral yang berangkat dari tradisi dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran tari tradisional yang dilakukan sanggar flamingo guna menanamkan nilai moral pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran tari Indang dapat meningkatkan nilai-nilai positif seperti kerjasama, kedisiplinan, toleransi serta bertanggung jawab. Pengalaman menarikan tari indang di panggung terbuka membuat rasa percaya diri dan kemandirian anak usia dini semakin meningkat.

References

A.A Navis.1986. Alam Takambang Kadi Guru. Jakarta: PT Grafi ti Pers

Auliya, Falakhul dan Yuli K. 2020. Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Nasya Expanding Management. Pekalongan.

Asril 1997 “Seni Pertunjukan Indang Pariaman Minangkabau, Pergeseran dari Re- ligius ke Profan” Dalam Jurnal Seni dan Budaya. No 1. Tahun 1. ASKI Padangpanjang

Hamid Darmadi. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: ALFABETA

Hartono. 2007. “Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini”. Harmonia. 8. Jurusan Sendratasik, FBS Unnes.

Jamie C. Miller. 2003. Mengasah Kecerdasan Moral Anak. Bandung : KAFIA.

Supriyanto, D. 2015. Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), 87–105. Retrieved from https://doaj.org/article/7d813ee5c722420e961de9fed53 1a2b0

Published

2023-06-30