STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18784

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi guru dalam mengembangkan kreativitas anak melalui pemanfaatan bahan alam. Penelitian dilakukan di TK Cendekia Tungkop, Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian dua orang guru dan seorang kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan model pembelajaran sentra dengan metode demonstrasi dan tanya jawab dalam mengembangkan kreativitas anak. Guru menggunakan strategi pengembangan kreativitas melalui menciptakan produk (hasta karya) dengan memanfaatkan bahan alam berupa ampas kelapa pada pembuatan kolase. Guru menjelaskan dan memberikan contoh serta mengontrol pemahaman anak dengan melakukan diskusi sederhana untuk memastikan bahwa anak sudah mengerti. Setelah selesai, guru menutup kegiatan dengan bertanya kepada anak.

Kata kunci: Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas, Pemanfaatan Bahan Alam AbstractThis study aims to find out about teacher strategies in developing children's creativity through the use of natural materials. The research was conducted at Cendekia Kindergarten, Tungkop, Great Aceh. The method used in this research was descriptive qualitative. The research subjects involved were two teachers and one school principal. Data were collected by researcher through observation, interviews and documentation. The result showed that the teacher applied the beyond centers and circle time model in line with demonstration and, question and answer methods in developing children's creativity. The teacher used a strategy for developing creativity through creating products (hasta work), by utilizing natural materials in the form of coconut dregs in making collages. The teacher explained and gave examples and control the children’s comprehension by conducting simple discussions to ensure that the children understood. When finished, the teacher closed the activity by asking them.Keywords: Teacher’s Strategy in Developing Creativity, The Use of Natural Materials

Published

2023-06-30