MEDIA TWISTER GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN
Keywords:
Kata kunci, Twister, Geometri, Anak usia diniAbstract
Pengenalan bentuk geometri penting diajarkan pada anak usia dini karena dapat meningkatkan pemahaman pada dunia sekitarnya. Peningkatan kemampuan mengenal gemotri menjadi bagian integral dari proses perkembangan anak. Temuan di lapangan, media untuk mengenalkan geometri masih terbatas dan kurang menarik bagi anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemahiran mengenal bentuk pada anak-anak usia dini dengan memanfaatkan media twister geometri sebagai alat bantu pembelajaran. Dalam penelitian ini, digunakan pengembangan dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri atas tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media Twister Geometri yang telah dihasilkan telah melewati uji validasi oleh ahli media dan ahli materi PAUD. Dari hasil validasi yang dilakukan, ahli media memberikan penilaian sebesar 83% yang tergolong pada kategori sangat baik. Selain itu, ahli materi juga memberikan penilaian yang sangat baik sebesar 85%. Berdasarkan hasil validasi ahli media tersebut, maka twister geometri dinyatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan oleh kelompok A di TK Islam Sabilina pada anak usia 4-5 tahun, ditemukan bahwa pemahaman bentuk geometri meningkat setelah bermain twister. Dengan demikian, twister dapat dijadikan sebagai opsi alternatif yang layak untuk meningkatkan kemampuan anak dalam pemahaman bentuk geometri
References
Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 1–6.
Anti, Y. T., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2022). Pengembangan Buku Smart Geometry Book Untuk Pegenalan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. 6(1), 127–144.
Asmaul, L., & Agustin, M. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 1–6.
Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16–31.
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Hasanah, L., & Agung, S. (2022). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. September. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538
Irianti, O. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Woromarto Purwosari Kediri. 1–5.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3
Masykuroh, K., & Khairunnisa. (2022). Pengembangan media video animasi mengenal sampah untuk membangun karakter peduli lingkungan anak usia dini. Program Studi PGRA, 8, 220–228.
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan Addie. 6(1), 37–50.
Novita, M., & Ilhami, S. (2019). Dekak-Dekak Geometri,Media Pembelajaran UntukMengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B. 3(01), 30–36.
Nugroho, Arif, D. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. 197–203.
Putra.dkk, P. R. (2019). Pengembangan Media Flip Chart Berbahan Dasar Bambu. 7, 79–94.
Rama, N., & Masykuroh, K. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Perumahan Militer PUSKESAD. 3(5), 2847–2853.
Ridwan, T., Hidayat, E., Hikmawan, R., Andrian, R., & Yasin, A. (2020). Research on the Development of Edu Games as Learning Media for Geometry and Arithmetic in Elementary School Children. 3(November), 57–61.
Santrock, & W, J. (2007). Perkembangan Anak: Edisi Kesebelas Jilid 1. Erlangga.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktis Pembelajaran. Kencana.
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. 4, 49–55.
Walle, & John, A. (2007). Sekolah Dasar Dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran (J. 1 (ed.)). Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ