MEDIA TWISTER GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Zulfatun Mahmudah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Khusniyati Masykuroh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18791

Keywords:

Kata kunci, Twister, Geometri, Anak usia dini

Abstract

Pengenalan bentuk geometri penting diajarkan pada anak usia dini karena dapat meningkatkan pemahaman pada dunia sekitarnya. Peningkatan kemampuan mengenal gemotri menjadi bagian integral dari proses perkembangan anak. Temuan di lapangan, media untuk mengenalkan geometri masih terbatas dan kurang menarik bagi anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemahiran mengenal bentuk pada anak-anak usia dini dengan memanfaatkan media twister geometri sebagai alat bantu pembelajaran. Dalam penelitian ini, digunakan pengembangan dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri atas tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media Twister Geometri yang telah dihasilkan telah melewati uji validasi oleh ahli media dan ahli materi PAUD. Dari hasil validasi yang dilakukan, ahli media memberikan penilaian sebesar 83% yang tergolong pada kategori sangat baik. Selain itu, ahli materi juga memberikan penilaian yang sangat baik sebesar 85%. Berdasarkan hasil validasi ahli media tersebut, maka twister geometri dinyatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan oleh kelompok A di TK Islam Sabilina pada anak usia 4-5 tahun, ditemukan bahwa pemahaman bentuk geometri meningkat setelah bermain twister. Dengan demikian, twister dapat dijadikan sebagai opsi alternatif yang layak untuk meningkatkan kemampuan anak dalam pemahaman bentuk geometri

References

Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 1–6.

Anti, Y. T., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2022). Pengembangan Buku Smart Geometry Book Untuk Pegenalan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. 6(1), 127–144.

Asmaul, L., & Agustin, M. (2019). Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 1–6.

Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16–31.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Hasanah, L., & Agung, S. (2022). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. September. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538

Irianti, O. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Woromarto Purwosari Kediri. 1–5.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3

Masykuroh, K., & Khairunnisa. (2022). Pengembangan media video animasi mengenal sampah untuk membangun karakter peduli lingkungan anak usia dini. Program Studi PGRA, 8, 220–228.

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan Addie. 6(1), 37–50.

Novita, M., & Ilhami, S. (2019). Dekak-Dekak Geometri,Media Pembelajaran UntukMengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok B. 3(01), 30–36.

Nugroho, Arif, D. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. 197–203.

Putra.dkk, P. R. (2019). Pengembangan Media Flip Chart Berbahan Dasar Bambu. 7, 79–94.

Rama, N., & Masykuroh, K. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Perumahan Militer PUSKESAD. 3(5), 2847–2853.

Ridwan, T., Hidayat, E., Hikmawan, R., Andrian, R., & Yasin, A. (2020). Research on the Development of Edu Games as Learning Media for Geometry and Arithmetic in Elementary School Children. 3(November), 57–61.

Santrock, & W, J. (2007). Perkembangan Anak: Edisi Kesebelas Jilid 1. Erlangga.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktis Pembelajaran. Kencana.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. 4, 49–55.

Walle, & John, A. (2007). Sekolah Dasar Dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran (J. 1 (ed.)). Erlangga.

Published

2023-06-30