Analisis Tingkat Kesiapan Lembaga Pendidikan Swasta Dalam Memberikan Pelayanan Pendidikan Di Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Moh. Juhad ITSKes Muhammadiyah Selong
  • Abdul Azizurrahman ITSKes Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18972

Keywords:

kesiapan, pendidikan swasta, pelayanan pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan kesiapan pelayanan pendidikan yang diberikan oleh Lembaga Pendidikan Swasta, Strategi yang dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan Swasta dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pendidikan Swasta dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat. Keseluruhan data dan bahan hukum yang telah diperoleh tersebut kemudian akan diolah secara sistematis menggunakan Pendekatan Kualitatif. Pendekatan Kualitatif merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis yaitu apa yang dinyatakan oleh sasaran penelitian yang bersangkutan secara tertulis atau lisan dan perilaku nyata. Hasil penelitian menunjukkan lembaga pendidikan swasta memiliki kesiapan dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada stakeholders, khususnya siswa, tenaga kependidikan, serta masyarakat luas. Mereka telah merancang strategi-strategi dalam memberikan pelayanan pendidikan. Penerapan strategi-strategi tersebut ditempuh dalam tiga tahapan, yaitu penyusunan rencana-rencana kegiatan, pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam satu tahun pelajaran, dan evaluasi realisasi dan kendala kegiatan oleh semua komponen yang ada di lembaga pendidikan swasta. Terdapat kendala internal antara lain, masih minimnya sarana dan prasarana, sedikitnya jumlah buku-buku penunjang, keterbatasan tenaga laboran dan perpustakaan, dan kurangnya kepedulian dari pihak Yayasan Penyelenggara.

References

Depdikbud. 1996. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdas dan Menum, Direktorat Dikdas. Depdikbud: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Ketentuan Umum Kurikulum Berbasis Kompetensi. Depdiknas: Jakarta.

Hakim, Abdul, 2001. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya: Malang.

……………..., 2001. Konflik Dalam Organisasi dan Kaitannya Dengan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Negara. Volume 1 Nomor 2, Universitas Brawijaya: Malang.

Irawan, Ade, dkk, 2014. Mendagangkan Sekolah: Studi Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah di DKI Jakarta. Penerbit ICW: Jakarta.

Ismani, 2003. Manajemen dan Kepuasan Pelanggan Kiat Mencapai Keberhasilan. Hand Out Makalah Seminar Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya: Malang.

……..., 2003. Strategi dan Tantangan Manajemen Publik. Makalah Yang Disampaikan Pada Seminar Kinerja Pelayanan RSUD A. Wahab Syahrani Samarinda.

Kartasasmita, Ginanjar, 1995. Administrasi Pembangunan. Bahan Kuliah Bagian I. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

Moleong, Lexy, J, 2000. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remadja Rosdakarya: Bandung.

Mulyasa, Encho. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 1983. Metodelogi Penelitian, Antara Teori dan Praktek, Bina Ilmu: Surabaya.

Nursisto. 2003. Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah. Insan Cendikia

Sufyarma, 2004. Manajemen Pendidikan. Kapita Selekta. Alfabeta: Bandung.

Supriyono, Bambang, 2001. Responsivitas dan Akuntabilitas Sektor Publik. Jurnal Administrasi Negara, Volume 1 Nomor 2. Universitas Brawijaya: Malang.

Singarimbun, Masri, 1995. Metode Penelitian Survey. Pustaka LP3ES Indonesia: Jakarta.

Thoha, Miftah, 1992. Beberapa Aspek Kebijakan Birokrasi. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-25