Pengembangan Video Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini
Keywords:
pengenalan huruf, video alphabetAbstract
Abstrak
Pengenalan huruf perlu diajarkan kepada anak sebagai bekal memasuki pendidikan lebih lanjut dalam pembelajaran bahasa. Banyak permasalahan yang terjadi mengenai rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak. Oleh karena itu, penelitian ini dikembangkan produk berupa video alphabet. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui desain prototype, (2) mengetahui kelayakan, (3) mengetahui efektifitas video alphabet untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) menggunakan model ADDIE. Desain uji coba yang digunakan adalah Single One Shot Study dan One Group Pretest Posttest Design. Anak dalam penelitian ini 50. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, lembar validasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) desain prototype video alphabet, (2) Kelayakan video alphabet berdasarkan ahli materi 93,75%, ahli media 87,5%, uji coba lapangan awal 94%, uji coba lapangan utama 91,07%, (3) Keefektifan produk dengan n-gain score 0,81 dan 0,83 masuk pada kategori tinggi.
Kata kunci: pengenalan huruf, video alphabet
Abstract
Letter recognition needs to be taught to children as a provision for entering further education in language learning. Many problems occur regarding the low ability to recognize letters in children. Therefore, this research developed a product in the form of an alphabet video. The purposes of this study were (1) to determine the prototype design, (2) to determine the feasibility, (3) to determine the effectiveness of the alphabet video to improve the ability to recognize letters. This type of research is research & development using the ADDIE model. The trial design used was the Single One Shot Study and One Group Pretest Posttest Design. There were 50 children in this study. Data collection instruments used observation sheets, validation sheets, and documentation. Data analysis using descriptive qualitative, quantitative. The results of this development research are (1) alphabet video prototype design, (2) Feasibility of video alphabet based on material experts 93.75%, media experts 87.5%, initial field trials 94%, main field trials 91.07%, (3) Product effectiveness with n-gain scores of 0.81 and 0.83 is in the high category.
Keywords: letter recognition, alphabet videos
References
Aeny, F. N. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Alphabet Inggris dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Asean Community Center Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment., Vol. 2(1): pp 1-5.
Afifah, A. N., Widayati, S., Reza, M., Ningrum, M. A., & Nisa, A. (2022). Analisa Pengunaan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Daring DI PAUD Pada Masa Pandemi Covid-19. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2599–2910), 141–154.
Arifin, E. R. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 4, No. 2, Hal. 173-187.
Astutik, S. (2012). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Pada Anak Kelompok A Di TK Among Putra Surabaya. ejournalunesa.
As’ari, R. H., & Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Tari “Penggembala Sapi” Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Kelompok B di TK Bunga Harapan Sumenep Madura. Jurnal PAUD Teratai, 06(03).
Awanah, S. M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Kelompok A di Raudhatul Atfhal Darul Falah Sabrang Ambulu Jember tahun Pelajaran 2018/2019. Doctoral dissertation, IAIN Jember.
Ariati, N. P. P., Padmadewi, N. N., & Suarnajaya, I. W. (2018). Jolly phonics: effective strategy for enhancing children english literacy. SHS Web of Conferences, 42. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200032
Borzekowski, D. L. G., Chale, M. L., & Cole, C. (2022). Spatial Skills Among Young Children in Morogoro, Tanzania: Examining the Effectiveness of a School-Based Intervention. International Journal of Early Childhood, 54(2). https://doi.org/10.1007/s13158-022-00317-y
Chaeruman, U. A. (2015). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, December, 0–15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14419.12329
Creswell, John. W. (2015). penelitian kualitatif & desain riset. pustaka pelajar.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2). https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Fairuz, S., & Rohmiati, Y. (2016). Literasi Informasi Guru PAUD Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di TK Negeri Se-Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(2).
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Goetz, S. (2020). Letterforms / Humanforms. Latterform Archive. Diakses pada 23 Maret 2023, dari https://letterformarchive.org/news/letterforms-humanforms/
Hakam, A. (2014). Perbandingan Penggunaan Media Animasi dan Media Video Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Kerja Mesin 4 Langkah Pada Siswa SMK N 4 Jakarta Kelas X Otomotif. Disertasi tidak dipublikasikan, Jakarta, Universitas Negeri Jakarta
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (n.d.). P-issn : 2549-3043 e-issn : 2655-3201. 5.
Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706
Ifadloh, L., & Widayati, S. (2021). Pengaruh Youtube Konten Musik Anak Terhadap Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(2), 107–116.
Indriansyah, S. F. (2021). Perancangan Video Clip Animasi Motion Graphic Berjudul "ABC Around Me" Sebagai Media Pengenalan Alfabet Bahasa Inggris Bagi Anak Usia 3-5 Tahun. Skripsi tidak dipublikasikan, Surabaya, Universitas Dinamika
Iswara, P. D. (2011). Pembelajaran Menulis Awal di Kelas Rendah. Diakses pada 23 Maret 2023, dari https://www.researchgate.net/profile/Prana_Iswara/publication/260302458_PEMBELAJARAN_MENULIS_AWAL_DI_KELAS_RENDAH/links/56af37b708ae19a385173a98/PEMBELAJARAN-MENULIS-AWAL-DI-KELAS-RENDAH.pdf
Kurniawan, E., & Komalasari, D. (2019). Pengaruh Media Busy Board Terhadap Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal PG PAUD, 8(1), 1–4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/27681/25326
Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ssekolah Dasar. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2). https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802
Mauliyah, A. (2020). Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Huruf dengan Metode Kupas Rangkai di RA Bahrul Huda Sambiroto Karangtanjung Candi Sidoarjo. El Thoufoul, 1(1).
Ni’mah, F., & Maulidiyah, E. C. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1 (2), 123–146. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2
Nirmalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmoni. EduSains, 4(2).
Noviani, K., & Komalasari, D. (2018). Studi Deskriptif Perbandingan Kinerja Guru Tk Dalam Penggunaan Lka Dan Ape Di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Sidoarjo. PAUD Teratai, 7(1).
Nurrisa, T. M., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Pendahuluan Anak usia dini dengan rentang usia 0-6 tahun berada di tahap perkembangan yang. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 5(1), 172–183.
Okdiantari, E., & Komalasari, D. (2019). Pengembangan alat permainan edukatif (APE) prisma angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. PAUD Teratai, 1–4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/29435
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137-152.
Rahim, W., N. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Huruf Konsonan Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupatan Enrekang. Al-Athfal, 3(1), 98–117.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. in Alfabeta.
Rosalina, A., & Komalasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Bahasa Inggris Melalui Bernyanyi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/11191
Setyawan, F. A., Tjaroko, W. S., & Ismudiati, E. (2021). Penerapan Modifikasi Body Movement Pada Huruf Vokal Paduan Suara “ Melodic Sonata Children Choir ” di Jogokaryan Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. ISI Yogyakarta.
Sharani, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Mardi Putra 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2 (1)(2599–2910), 19–30. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/view/11359/7454
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholihah, S. A. (2022). Application of Singing Activities to Stimulate Children’s Vocabulary Acquisition. Child Education Journal (CEJ), 4 (2), 139-158.
Sri Hartini. (2021). Kesiapan Membaca Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak.Pdf. Jurnal Ilmiah Widya Wacana.
Subagyo, A. M. (2021). Relevansi Nilai Moral Sosial Dalam Serial Animasi Go Astroboy Go Dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(1), 31–40. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/view/10217%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/download/10217/7455
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. In Pedagogia.
Swari, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak Kelompok A di TK Kemala Asri, (Online), (https://repo.undiksha.ac.id/11345/, diakses 29 Maret 2023)
Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751
Tiningsih, E., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, 8(2), 399–408.
Wardana, M. A. (2020). Pengembanbangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Tema Tanah Airku Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1 (2)(2599–2910), 159–168. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.159-168
Widayati, S., Adhe, K. R., Simatupang, N. D., & Damayanti, M. I. (2023). Pelatihan Read Aloud Dengan Menggunakan Big Book Kalender Meja Untuk Guru TK Di Wilayah Waru. Community Development Journal, 4(1), 62–70.
Yahman, E. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Modifikasi Sebut Kata terhadap Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 8(2), 1–9.
Zakariah, M. A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ