Pengembangan Gerak dan Lagu Untuk Menstimulus Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • tika putri wahyuningtyas Universitas negeri malang
  • Retno Tri Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2109

Keywords:

Pengembangan Gerak dan Lagu, Kemampuan Berbicara, Anak Usia 4-5 tahun

Abstract

Tujuan penelitian pegembangan untuk menghasilkan produk berupa gerak dan lagu yang dapat menstimulus kemampuan berbicara sesuai dengan karakteristik anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model pengembangan Dick and Carey yang dimodifikasi dengan menggunakan sembilan langkah pengembangan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, kuesioner serta wawancara. berdasarkan pengumpulan data tersebut meghasilkan data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan yang melalui validasi ahli yang diperoleh bahwa gerak dan lagu “Sekolahku†sebanyak  91,7 % anak senang dan 93,6% anak mudah untuk dilakukan dalam pembelajaran dan dapat menstimulus kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitan ini gerakdan lagu dapat dikatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa terkait menstimulus kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun.


Author Biography

tika putri wahyuningtyas, Universitas negeri malang

PG PAUD

References

Akbar, Sa’dun. 2016. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya

Aswasulasikin, A., & Nur, H. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hts (Hang Of The Scramble) Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iii Sdn 03 Sambelia. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 50-57.

Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.

Harris, D. J. 2011. Shake, Rattle And Roll – Can Music Be Used By Parents And Practitioners To Support Communication, Language And Literacy Within A Pre-School Setting? Education 3-13, 39(2), 139–151. Https://Doi.Org/10.1080/03004270903232691

Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age, 3(01), 17-29.

Ilhami, B. S., Fitri, B. F. H., & Ramdhani, S. (2019). Permainan Kuda Bisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembendaharaan Kosakata Anak Usia 5-6. Cakrawala Dini; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101–108.

Kamitini & Tanjung. 2005. Bermain Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Maulidian, M., Suhirman, S., & Ramdani, Z. (2019). Permainan Kartu Gambar Dengan Metode Cantol Roudhoh Di Kelompok B Tk Mahkota Selong. Jurnal Golden Age, 3(01), 57-64.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019a). Inside-Outside Circle: An Early Childhood Language And Literacy Development Method. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 5(6), 325–335.

Najamuddin, N., & Hidayaturrahman, H. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Kelompok B Ra Al-Hasaniyah Nw Jenggik. Jurnal Golden Age, 1(01), 56-63.

Rachmawati, Diana. 2016. Pengembangan Gerak Dan Lagu Untuk Pembelajaran Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Satu Atap Sdn Tanjungrejo 5 Malang: Skripsi

Rachmi, Dkk.2010. Keterampilan Musik Dan Tari. Jakarta : Universitas Terbuka

Setyosari.2013.Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri

Suhartono.2005.Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Donlevy, L. 2014. My Teacher Story: Row, Row, Row Your Boat. Education Matters, 2(2), 9.

Volchegorskaya, E., & Nogina, O. 2014. Musical Development In Early Childhood. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 146, 364–368. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.08.113

Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Edisi Khusus, 2(2011), 220-228.

Wulandari, R. T., & Anisa, N. 2019. Development Of Thematic-Based Motion And Song Learning Videos To Stimulate Work: Art Of Kindergarten Teacher’s Ability. Universal Journal Of Educational Research, 7(12a), 27–34. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2019.071904

.

Published

2020-06-30