Pengembangan Gerak dan Lagu Untuk Menstimulus Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun
Keywords:
Pengembangan Gerak dan Lagu, Kemampuan Berbicara, Anak Usia 4-5 tahunAbstract
Tujuan penelitian pegembangan untuk menghasilkan produk berupa gerak dan lagu yang dapat menstimulus kemampuan berbicara sesuai dengan karakteristik anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model pengembangan Dick and Carey yang dimodifikasi dengan menggunakan sembilan langkah pengembangan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, kuesioner serta wawancara. berdasarkan pengumpulan data tersebut meghasilkan data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan yang melalui validasi ahli yang diperoleh bahwa gerak dan lagu “Sekolahku†sebanyak 91,7 % anak senang dan 93,6% anak mudah untuk dilakukan dalam pembelajaran dan dapat menstimulus kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitan ini gerakdan lagu dapat dikatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa terkait menstimulus kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun.
References
Akbar, Sa’dun. 2016. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya
Aswasulasikin, A., & Nur, H. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hts (Hang Of The Scramble) Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iii Sdn 03 Sambelia. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 50-57.
Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.
Harris, D. J. 2011. Shake, Rattle And Roll – Can Music Be Used By Parents And Practitioners To Support Communication, Language And Literacy Within A Pre-School Setting? Education 3-13, 39(2), 139–151. Https://Doi.Org/10.1080/03004270903232691
Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age, 3(01), 17-29.
Ilhami, B. S., Fitri, B. F. H., & Ramdhani, S. (2019). Permainan Kuda Bisik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembendaharaan Kosakata Anak Usia 5-6. Cakrawala Dini; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 101–108.
Kamitini & Tanjung. 2005. Bermain Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Maulidian, M., Suhirman, S., & Ramdani, Z. (2019). Permainan Kartu Gambar Dengan Metode Cantol Roudhoh Di Kelompok B Tk Mahkota Selong. Jurnal Golden Age, 3(01), 57-64.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019a). Inside-Outside Circle: An Early Childhood Language And Literacy Development Method. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 5(6), 325–335.
Najamuddin, N., & Hidayaturrahman, H. (2017). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Kelompok B Ra Al-Hasaniyah Nw Jenggik. Jurnal Golden Age, 1(01), 56-63.
Rachmawati, Diana. 2016. Pengembangan Gerak Dan Lagu Untuk Pembelajaran Bahasa Anak Kelompok B Di Tk Satu Atap Sdn Tanjungrejo 5 Malang: Skripsi
Rachmi, Dkk.2010. Keterampilan Musik Dan Tari. Jakarta : Universitas Terbuka
Setyosari.2013.Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri
Suhartono.2005.Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Donlevy, L. 2014. My Teacher Story: Row, Row, Row Your Boat. Education Matters, 2(2), 9.
Volchegorskaya, E., & Nogina, O. 2014. Musical Development In Early Childhood. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 146, 364–368. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.08.113
Widhianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Edisi Khusus, 2(2011), 220-228.
Wulandari, R. T., & Anisa, N. 2019. Development Of Thematic-Based Motion And Song Learning Videos To Stimulate Work: Art Of Kindergarten Teacher’s Ability. Universal Journal Of Educational Research, 7(12a), 27–34. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2019.071904
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ