ANALISIS PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI PENAYANGAN VIDEO ANIMASI DI TK IDHATA

Authors

  • iin maulina Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • rosita rosita
  • diana diana

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.21167

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Analisis Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Melalui Penayangan Video Animasi di Kelas B2. Adapun masalah penelitian yaitu rendahnya rasa kepercayaan diri anak pada saat proses belajar. Metode dalam penelitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian tersebut anak di kelas B2. Analisis data yang dilakukan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu, member check dan triangulasi. Mengenai Analisis Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Melalui Penayangan Video Animasi di Kelas B2. Berdasarkan kenyataan dilapangan hasil dari observasi dan wawancara dinyatakan “Baik”, Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Melalui Penayangan Video Animasi memberikan motivasi sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak hanya saja, ada faktor dari salah satu anak yang ada dikelas B2 memiliki masalah psikologisnya. Jadi Pengembangan Kepercayaan Diri Anak tidak maksimal dikarenakan guru tidak memahami bidang anak yang berkebutuhan khusus.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Video, Animasi

Published

2023-12-31