PERAN PENGASUH DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PANTI ASUHAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN MADANIA YOGYAKARTA)

Authors

  • Evie Miftalia Zulfah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nanda Kusuma Wardhani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.21381

Keywords:

Pengasuh, Panti Asuhan, Sosial-Emosional

Abstract

Perkembangan sosial-emosional pada anak dipengaruhi oleh lingkungan terutama oleh lingkungan keluarga, perkembangan sosial-emosional pada anak panti asuhan dengan anak yang tidak diasuh di panti asuhan tentunya berbeda, adanya penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran besar dari pengasuh di panti asuhan dalam menstimulasi perkembangan sosial-emosional anak usia dini di panti asuhan, serta memaparkan faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif (studi kasus). Hasil dari penelitian ini yaitu adalah perkembangan sosial-emosional pada anak panti asuhan berbeda dengan anak pada umumnya dikarenakan tidak adanya figure keluarga yang lengkap. Perkembangan sosial-emosional pada anak panti asuhan Madania meliputi kemampuan sosial anak berinteraksi dengan orang sekitarnya, pembentukan pribadi, penerimaan diri, konsep diri, penerimaan diri, dan indikator perkembangan lainnya seperti perkembangan kognitif.  Keberhasilan Perkembangan sosial-emosional tidak lepas dari peran pengasuh panti sebagai penganti orang tua seperti mengajarkan pengendalian emosi, mengolah dan mengekspresikan emosi serta membina hubungan dengan orang lain disekitarnya. Terlepas dari itu terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak panti asuhan Madania.

References

Anzani, Rahmah Wati, I. K. I. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 180–193. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Darmiah. (2019). Perkembangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(2), 94–104.

Fakhrana, A., Nasution, C. W., & Khadijah. (2022). Perkembangan Sosial Emosional AUD Di Masa Covid-19. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Haryanti, D., Pamela, E. M., & Susanti, Y. (2016). Perkembangan Mental Emosional Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Keperawatan, 4(2), 97–104.

Hikmawati, L., Arbarini, M., & Suminar, T. (2023). Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Penanaman Perilaku Sosio Emosional Anak. Universitas Negeri Semarang, 6(6), 1447–1462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3587

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak (6 ed.). Erlangga.

Istianah. (2022). Interaksi Siswa Sd Pada Pembelajaran Ips Intrapersonal Intelligence As a Basic Abilities of Sd Students ’ Interaction in Ips Learning. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 111–118.

Karyadiputra, E., Mahalisa, G., Sidik, A., & Wathani, M. R. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis TI Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin. Jurnal Al-Ikhlas, 4(April), 186–190.

Muslimah, J. (n.d.). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak usia Taman Kanak-Kanak.

Nungrahaningtyas, R. D. (2014). Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Asuhan Benih Kasih Kabupaten Sragen. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 18–23.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada, 23(2), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Pratomo Andi Widodo, A. (2018). Anak Dengan Hambatan Perilaku Emosi dan Sosial. Nizamia Learning Center.

Rambe, D. M., Windi, R. J., & Lubis, R. A. (2022). ASPEK PERKEMBANGAN SOSIO-EMOSIONAL TERHADAP. PEMA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 144–148.

Rulidha, A. R., & Mariyati, L. I. (2019). Gambaran kematangan emosi siswa TK B yang memiliki kematangan kognitif tinggi di Sidoarjo. Cognicia, 7(4), 446–464. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i4.10114

Sawitri, O. E., Imran, I., & Ramadhan, I. (2021). Sosialisasi Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak (Studi Pada Keluarga Rumah Tangga Guru MA Islamiyah). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 10–21.

Siti Anisah, A., Sapriya, Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69–80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262

Stevanus, K., & Setiarini, M. (2022). Perkembangan Emosional Remaja Yatim Piatu. 3(1), 44–53.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukatin, S., Qomariyyah, Q., Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, A., & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunnaya : Pendidikan Anak, VI(2), 156–171.

Published

2023-12-31