Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Rendy Setyowahyudi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Tiara Ferdiyanti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2167

Keywords:

Guru, PAUD, Ponorogo, Penguatan, COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru PAUD Kabupaten Ponorogo dalam memberikan penguatan untuk anak usia dini selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 11 orang guru PAUD yang ada di Kabupaten Ponorogo diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Uji kredibilitas data dengan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan pertama, skema pembelajaran yang dijalankan selama masa pandemi COVID-19 adalah pembelajaran dalam jaringan. Kedua, pemberian penguatan yang dilakukan oleh guru selama masa pandemi COVID-19 terdiri dari penguatan verbal dan non verbal. Ketiga, hambatan yang ditemui dalam pemberian penguatan selama masa pandemi COVID-19 adalah wali murid yang tidak bisa mengoperasikan whatsapp, tidak memiliki smartphone dan wali murid yang kesulitan sinyal. Secara ringkas, hasil yang ditemukan penting sebagai bahan rujukan untuk guru PAUD lain agar dapat terampil memberikan penguatan ke anak selama masa pandemi COVID-19.

Author Biographies

Rendy Setyowahyudi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Tiara Ferdiyanti, Universitas Mulawarman

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Asril, Z. (2018). MICRO TEACHING EDISI KEDUA. Depok : Rajawali. https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2850

A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun, C. (2016). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(2).

Barnawi & Arifin, M. (2014). Microteaching “praktik pengajaran yang efektif dan kreatifâ€. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Berk, L. E. (1992). Children’s private speech: An overview of theory and the status of research. Private speech: From social interaction to self-regulation, 17-53.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61-71.

Djamarah, S.B . (2005). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fransiska, F., & Suparno, S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak Desa Di Rumah Betang Ensaid Panjang. Jurnal Golden Age, 3(02), 95. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1655

Hasibuan & Moedjiono. (2012). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167.

Hodges, W. L. (1972). The role of rewards and reinforcements in early education programs: I external reinforcement in early education. Journal of School Psychology. https://doi.org/10.1016/0022-4405(72)90058-1

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Kompas.Com.

Khotijah, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical Life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.

Kintani, Y., Ali, M., & Endang, B. (2013). Sikap percaya diri dalam proses pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun segedong. 1–11.

Mahanani, R. (2020). Perbedaan Virus Corona dan Covid-19 Beserta Kepanjangannya, Wajib Tahu. Diakses pada 25 Mei 2020, dari https://kids.grid.id/read/472113686/perbedaan-virus-corona-dan-covid-19-beserta-kepanjangannya-wajib-tahu?page=all

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Pembelajaran Pada Masa Lockdown Bagi Lembaga PAUD Di Kabupaten Lombok Timur Abstrak. 5(1), 177–186. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.529

Novianty, D. & Utami, L.S. (2020). Begini Cara Virus Corona COVID-19 Menyerang Tubuh Manusia.Diakses pada 25 Mei 2020, dari https://www.suara.com/tekno/2020/03/12/091500/begini-cara-virus-corona-covid-19-menyerang-tubuh-manusia

Nugroho, A.S. & Muhammad, H. (2020). Strategi Belajar Kemendikbud di Masa Pandemi Covid-19.Diakses pada 25 Mei 2020, dari https://republika.co.id/berita/q9oz63380/strategi-belajar-kemendikbud-di-masa pandemi-covid19

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41-51.

Ormrod, J. E. (2008). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19 Ayat 1.

Praherdhiono, H., Adi, E. P., Prihatmoko, Y., Nindigraha, N., Soepriyanto, Y., Indreswari, H., & Oktaviani, H. I. (2020). Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. Seribu Bintang.

Rihatno, T., & NURAINI, S. (2017). PENGEMBANGAN MODEL KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANGTUA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117-128.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 Infection: Origin, Transmission, And Characteristics Of Human Coronaviruses. Journal Of Advanced Research, 24, 91–98. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jare.2020.03.005

Stanulis, R. N., & Manning, B. H. (2002). The Teacher ’ s Role in Creating a Positive Verbal and Nonverbal Environment in the Early Childhood Classroom. 2002.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Kementerian Pendidikan.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Uno, H. B. (2010). Kemampuan dasar mengajar (landasan dan konsep implementasi). Bandung: Alfabeta.

Usman, M. U. (2013). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Wahyuni, S., & Efastri, S. M. (2019). Pendekatan Behavioral (Teknik Reinforcement) Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Iii Kota Pekanbaru. Jurnal Golden Age, 3(02), 136-142.

Wijaya, C. (2020). Siapa saja yang paling rentan terkena dan sakit parah akibat virus corona?. Diakses pada 25 Mei 2020, dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51411440

Zulfitri, Z. (2017). Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Perkembangan Moral Anak di Kelompok B3 TK Negeri Pembina Palu. Bungamputi, 4(2)

Published

2020-06-30