Kegiatan Home Literacy Dalam Mengembangkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Masa WFH
Keywords:
Home Literacy, Kemampuan membaca awal anakAbstract
Home Literacy adalah kegiatan belajar anak dalam pengembangan bahasa anak usia dini sebelum masuk lembaga PAUD yang membantu anak dalam kemampuan awal membaca anak, akan tetapi masih sedikit orang tua yang memahami akan pentingnya home literacy pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kegiatan home literacy terhadap kemampuan membaca awal anak. Penelitian menggunakan pendekatan kulitatif dengan pendekatan Fenomenalogi. Penelitian ini dengan membagi cluster orangtua dilihat dari tingkat pendidikan orangtua anak usia dini. Hasil dari penelitian ini orangtua yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi mempunyai kesadaran yang tinggi dalam melakukan home literacy kepada anak yang berdampak pada kemampuan anak dalam pengembangan bahasa yang lebih baik. Orangtua yang berlatar belakang pendidikan rendah, kurang kesadaran dalam melakukan home literacy dan tidak memahami dalam strategi pengajaran home literacy menjadikan anak tidak lebih baik dalam kemampuan membaca awal. Hal ini berdampak pada kesiapan anak sekolah pada jenjang pendidikan anak usia dini.
References
Aswasulasikin, A., Ibrahim, D. S. M., & Hadi, Y. A. (2020). Penciptaan Lingkungan Ramah Literasi Melalui Partisipasi Masyarakat. Jurnal Dimaswadi, 1(1), 1-7.
Alhammadi, F. S. (2017). ScienceDirect Prediction of child language development : A review of literature in early childhood communication disorders. Lingua. https://doi.org/10.1016/j.lingua.2017.07.007
Bleses, D., Jensen, P., Højen, A., & Dale, P. S. (2018). Infant Behavior and Development An educator-administered measure of language development in. Infant Behavior and Development, 52(June), 104–113. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2018.06.002
Dethorne, L. S. (2015). Rethinking environmental influences on child language development. Journal of Communication Disorders, 57, 1–2. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2015.09.002
Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64-72.
Hood, M., Conlon, E., & Andrews, G. (2008). sisPreschool Home Literacy Practices and Children ’ s Literacy Development : A Longitudinal Analy. 100(2), 252–271. https://doi.org/10.1037/0022-0663.100.2.252
Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186..
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: An early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50-56.
Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (n.d.). STUDI KASUS PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PENDAHULUAN 29–37.
Purcell-gates, V. (1996). Stories, coupons, and the TV Guide : Relationships between home literacy experiences and emergent literacy knowledge. 31(4), 406–428.
Roberts, J., Jergens, J., & Burchinal, M. (2005). The role of home literacy practices in preschool children’s language and emergent literacy skills. Journal of Speech, Language, and Hearing Research.
Safira, A. R. (2018). Intervensi Keluarga Melek Huruf: Solusi Yang Layak Untuk Meningkatkan Kebiasaan Membaca Keluarga Sosioekonomi Rendah Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 2(02), 113-126.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ