Kegiatan Home Literacy Dalam Mengembangkan Kemampuan Awal Membaca Anak Usia Dini Di Masa WFH

Authors

  • Erik Erik STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Badroeni Badroeni STKIP MUhammadiyah Kuningan
  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2219

Keywords:

Home Literacy, Kemampuan membaca awal anak

Abstract

Home Literacy adalah kegiatan belajar anak dalam pengembangan bahasa anak usia dini sebelum masuk lembaga PAUD yang membantu anak dalam kemampuan awal membaca anak, akan tetapi masih sedikit orang tua yang memahami akan pentingnya home literacy pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kegiatan home literacy terhadap kemampuan membaca awal anak. Penelitian menggunakan pendekatan kulitatif  dengan pendekatan Fenomenalogi. Penelitian ini dengan membagi cluster orangtua dilihat dari tingkat pendidikan orangtua anak usia dini. Hasil dari penelitian ini orangtua yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi mempunyai kesadaran yang tinggi dalam melakukan home literacy kepada anak yang berdampak pada kemampuan anak dalam pengembangan  bahasa yang lebih baik. Orangtua yang berlatar belakang pendidikan rendah, kurang kesadaran dalam melakukan home literacy dan tidak memahami dalam strategi pengajaran home literacy menjadikan anak tidak lebih baik dalam kemampuan membaca awal. Hal ini berdampak pada kesiapan anak sekolah pada jenjang pendidikan anak usia dini.

References

Aswasulasikin, A., Ibrahim, D. S. M., & Hadi, Y. A. (2020). Penciptaan Lingkungan Ramah Literasi Melalui Partisipasi Masyarakat. Jurnal Dimaswadi, 1(1), 1-7.

Alhammadi, F. S. (2017). ScienceDirect Prediction of child language development : A review of literature in early childhood communication disorders. Lingua. https://doi.org/10.1016/j.lingua.2017.07.007

Bleses, D., Jensen, P., Højen, A., & Dale, P. S. (2018). Infant Behavior and Development An educator-administered measure of language development in. Infant Behavior and Development, 52(June), 104–113. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2018.06.002

Dethorne, L. S. (2015). Rethinking environmental influences on child language development. Journal of Communication Disorders, 57, 1–2. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2015.09.002

Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64-72.

Hood, M., Conlon, E., & Andrews, G. (2008). sisPreschool Home Literacy Practices and Children ’ s Literacy Development : A Longitudinal Analy. 100(2), 252–271. https://doi.org/10.1037/0022-0663.100.2.252

Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jumal Obsesi: Jumal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446-453

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186..

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: An early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335.

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50-56.

Pendidikan, F. I., & Indonesia, U. P. (n.d.). STUDI KASUS PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PENDAHULUAN 29–37.

Purcell-gates, V. (1996). Stories, coupons, and the TV Guide : Relationships between home literacy experiences and emergent literacy knowledge. 31(4), 406–428.

Roberts, J., Jergens, J., & Burchinal, M. (2005). The role of home literacy practices in preschool children’s language and emergent literacy skills. Journal of Speech, Language, and Hearing Research.

Safira, A. R. (2018). Intervensi Keluarga Melek Huruf: Solusi Yang Layak Untuk Meningkatkan Kebiasaan Membaca Keluarga Sosioekonomi Rendah Di Indonesia. Jurnal Golden Age, 2(02), 113-126.

Additional Files

Published

2020-06-30