Pengaruh Aplikasi Marbel Terhadap kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Kemampuan membaca permulaan anak usia dini merupakan salah satu perkembangan bahasa anak yang harus distimulasi sejak dini sebagai bekal anak di masa depan. Kemampuan membaca dapat distimulasi lewat berbagai macam media pembelajaran salah satunya gadget. Penelitian ini didasari dengan adanya covid-19 dan berkembangnya revolusi industri yang berdampak sangat besar pada kehidupan Masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh aplikasi marbel terhadap kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pretest, treatment, dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan statistic uji-t dengan hasil terdapat pengaruh aplikasi marbel terhadap kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,005dengan nilai rata-rata pretest 26,07, posttest 33,13 kelas eksperimen dan pretest 24,27, posttest 28,40 kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi marbel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun.
Kata kunci: Membaca, Aplikasi Marbel, Anak usia 4-5 TahunReferences
Putra, P. A., & Hasiana, I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini dengan Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20–25.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. 16(1).
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115–122.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44.
Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas sebagi Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397.
Sofiana, L., Asmawati, L., & Fahmi. (2022). Pengaruh Game Edukatif Mengenal Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 6(1), 112–127.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). ALFABETA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ