Pembelajaran Berbasis Engineering Di PAUD: Perspektif Guru

Authors

  • Yubaedi Siron Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Mutriani Mula Putri Mama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Filia Tri Utari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2385

Keywords:

engineering, perspektif guru, pendidikan anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan perspektif guru tentang konten engineering di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan enam sampel guru yang sudah mempraktikkan konten engineering di PAUD. Pengumpulan data dilakukan dengan purpossive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa konten engineering di PAUD adalah proses belajar dan bermain yang anak-anak dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berkomunikasi dengan baik. Guru menerapkan konten engineering berdasarkan pada tahap perkembangan anak, kemudian menggabungkan semua rencana pelajaran yang sesuai, metode pengajaran, media, dan proses penilaian. Konsep konten engineering terkait dengan keterlibatan orang tua dan dapat mengarahkan guru untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif.

Published

2020-12-30