Efektivitas Pengenalan Geometri Melalui Video Animasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan video animasi terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Alam Kecamatan Pontianak Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa PAUD Alam yang berusia 4-5 tahun. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian bentuk Pre-Experimental Design (nondesigns) yaitu one group pretest-posttest design dengan software IBM SPSS 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada data pretest dan posttest dilakukan uji t melalui program SPSS 22, dengan hasil t hitung 8.232, sedangkan t tabel df = (N-1) = (5-1) = 4 sebesar 2,776. Pada taraf signifikansi ɑ = 0,05. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel (8.232 > 2,776). Oleh karena itu, berarti terdapat keefektifan pengenalan bentuk geometri anak melalui media video animasi pada siswa usia 4-5 tahun PAUD Alam Kecamatan Pontianak Barat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ