Efektivitas Pengenalan Geometri Melalui Video Animasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak

Authors

  • Laili Rizki Amalia Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Yuniarti Yuniarti Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Firdaus Zar'in Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.23993

Abstract

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan video animasi terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Alam Kecamatan Pontianak Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa PAUD Alam yang berusia 4-5 tahun. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian bentuk Pre-Experimental Design (nondesigns) yaitu one group pretest-posttest design dengan software IBM SPSS 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada data pretest dan posttest dilakukan uji t melalui program SPSS 22, dengan hasil t hitung 8.232, sedangkan t tabel df = (N-1) = (5-1) = 4 sebesar 2,776. Pada taraf signifikansi ɑ = 0,05. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel (8.232 > 2,776). Oleh karena itu, berarti terdapat keefektifan pengenalan bentuk geometri anak melalui media video animasi pada siswa usia 4-5 tahun PAUD Alam Kecamatan Pontianak Barat.

Published

2023-12-31