INTERNALISASI METODE BERNYANYI DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI DI RA NURUZ SUFYAN LIRIDLALLAH PAMEKASAN MADURA

Authors

  • abd rosyid STAI AL-MUJTAMA
  • Mudrikatul Amaniyah IAIN Madura
  • Anggi Setiawati IAIN Madura
  • Arfenia Rahayu IAIN Madura
  • Dian Syafitri IAIN Madura
  • Pinka Adebela Rey IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.24171

Keywords:

Anak Usia Dini, metode bernyanyi, pengenalan bahasa Inggris.

Abstract

Masa kanak-kanak di mana fondasi pertama diletakkan pengembangkan segala potensinya, utamanya yang berkaitan dengan aspek-aspek perkembangan anak termasuk dalam keterampilan berbahasa Inggris. Hal ini dirancang untuk memungkinkan anak-anak tumbuh untuk bersaing di skala global. Namun permasalahan di bidang ini adalah, guru jarang mengajarkan bahasa Inggris sebagai pengantar kemampuan bahasa mereka karena kurangnya pengetahuan tentang metode pengenalan bahasa Inggris yang cocok untuk anak-anak. Namun, ada Raudlatul Atfal yang menggunakan keterampilan pengucapan kata bahasa Inggris untuk belajar bahasa Inggris untuk anak kecil, yaitu melalui gerak dan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan metode bernyanyi pada salah satu RA Nuruz Sufyan Liridlallah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi metode bernyanyi dalam pengenalan keterampilan bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi sangat bermanfaat bagi anak dalam motivasi keterampilan berbicara bahasa Inggris, keterampilan motorik anak bernyanyi sambil bergerak dengan menggunakan bahasa inggris. Penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai panduan dalam merancang pengenalan bahasa Inggris di kelas

References

Vygotsky, L. (1986). Thought and Language. Cambridge, M.A. : The MIT Press.

Kurniasih, S. (2021). Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Gerakan Dan Lagu Dalam Pengenalan Daring Di Masa Pandemik Covid 19. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 103-111.

Manikam, A. F. (2021). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini.

Mariati, P. (2017). Pengembangan Model Pengenalan Inovatif Gerak dan Lagu Tematik bagi Guru Pos PAUD Terpadu (PPT) di Kota Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 9-20.

Purwanti, R. (2020). Model GELPITAS ( gerak & lagu , picture & picture , talking stick ) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak GELPITAS model ( gerak & lagu , picture & picture , talking stick ) to improve development English early childhood. 124-134.

Purwanti, R. (2020). Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode bernyanyi. Jurnal Ilmiah Potensia, 91-105.

Samad, F. (2015). Strategi Pengenalan Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 47-57.

Uzer, Y. (2019). Implementasi Pengenalan Bahasa Inggris Anak. Pernik Jurnal PAUD, 1-7.

Evi Martasari, S. S. (2018). Kepercayaan Diri Anak dalam Pengenalan Pengembangan Berbahasa pada Kelompok B1 PAUD Assalam Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia , 11-17.

Gusrayani, D. (2014). Teaching english to young learners:(Sebuah telaah konsep mengajar bahasa inggris kepada anak-anak). UPI Press .

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pengenalan Kreatif Pengenalan Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan , 265-272.

Rahmat, H. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Jurusan PGMI , 2018.

Ratna Purwanti, f. (2019). Pengenalan Aspek Bahasa (Bahasa Inggris) Untuk Anak Usia Dini Melalui. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 135–145.

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 67-77.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usian Dini. Jakarta: Depdiknas

Published

2023-12-31