IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI LEMBAGA PAUD KABUPATEN LUWUK

Authors

  • Amrullah Amrullah Universitas Tadulako
  • Fitriana Fitriana Universitas Tadulako
  • Shofyatun Shofyatun Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.24202

Abstract

Kesiapan sarana pendukung baik secara teknologi dan inovasi perlu ditingkatkan sehingga kualitas dan mutu guru sesuai dengan plafon kurikulum merdeka yang telah dibuat oleh kementrian. Kemampuan dalam melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi), juga belum menjadi hal yang biasa baik bagi guru dan siswa . Masalah lain seperti pemahaman Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar (MA), Modul Proyek, sampai evaluasi tentang progres peserta didik merupakan hal yang dihadapi Sebagian besar guru. Setelah menelaah latar uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak di Lembaga PAUD di Kabupaten Luwuk”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan objek penelitian ini adalah tindakan untuk hasil pemahaman guru terhadap impelentasi kurikulum merdeka program sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus, yakni siklus I dan siklus II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi. Hasil observasi dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian data gain score pemahaman guru memiliki nilai Sig < α (0,000 < 0,05) yang berarti gain score pemahaman guru siklus I berbeda positif dan signifikan dengan pemahaman guru siklus II, dengan kata lain pemahaman guru meningkat tentang implementasi kurikulum meredeka program sekolah penggerak di Lembaga PAUD di Kabupaten Luwuk.

 

Kata kunci: sekolah penggerak, guru PAUD

Published

2023-12-31