Persepsi Guru PAUD Terhadap Artificial Intelligence di Kota Purwakarta

Authors

  • Risma Koriah Solihat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.24325

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Penelitian Kuantitatif, Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran Abad 21

Abstract

 Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena teknologi kecerdasan buatan yang saat ini banyak digunakan dalam transformasi pembelajaran di tingkat pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti ingin bagaimana mengetahui penerapan teknologi AI dalam perencanaan pembelajaran di PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru PAUD terhadap seberapa efektif teknologi AI dalam merancang kegiatan pembelajaran PAUD di Kota Purwakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis survei dan menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampel jenuh sebanyak 12 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72% guru PAUD di Kota Purwakarta setuju, 14% Sangat Setuju dan 14% Netral dengan penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam pembelajaran PAUD. Teknologi kecerdasan buatan sangat relevan untuk digunakan baik dalam merencanakan kegiatan di PAUD maupun dalam melakukan pembelajaran digital serta dapat mendukung karakteristik pembelajaran abad 21.


 

 

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188.

Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.

Ardiana, R. (2023). Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 103-111.

Debora. D. (2022). Society 5.0 Adalah: Pengertian dan Penerapannya. [Online]. Diakses dari : https://www.detik.com/bali/berita/d-6461103/society-50-

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8-14.

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013.

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Lisnawati, R. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(2), 143-149.

Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah statistika deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 32-49.

Mulyani, M., Budiyono, B., Muhimmah, H. A., Abidin, Z., Setiawan, R., & Istiq'faroh, N. (2023). Aktivitas STEAM dalam “Miniatur Crane” dengan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21.

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3895-3906.

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru Untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.

Primayana, K. H. (2020, March). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 3, pp. 321-328).

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 173-177.

Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 1(2), 47-57.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran usability website e-commerce Sambal Nyoss menggunakan metode Skala Likert. Jurnal Compiler, 7(1).

Shofiyah, N., Aulina, C. N., & Efendi, N. (2021). Peningkatan kompetensi pedagogik guru paud dalam pembuatan video pembelajaran sains berbasis smartphone. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 23-33.

Susanto, R. (2022). Analisis dukungan emosional dan penerapan model kompetensi pedagogik terhadap keterampilan dasar mengajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 26.

Tulungen, E. E., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital: Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).

Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi guru PAUD mengimplementasikan kurikulum 2013. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921-3930.

Vega Vitianingsih, A. (2016). Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform, 1(1), 25-32.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan berfikir spasial dalam pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42-50.

Published

2023-12-31