Penerapan "Monthly Report" Untuk Evaluasi Pembelajaran Di TK Penyemai Bungursari

Authors

  • Kireina Putri Adzkia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.24326

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Penilaian di PAUD

Abstract

Abstrak

Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah proses dalam ranah pendidikan dalam menganalisis, mengumpulkan, serta menginterpretasikan informasi secara sistematis untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini yaitu mengetahui mengenai evaluasi dan penilaian di TK Penyemai Bungursari dan efektivitasnya menurut orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis mengenai penilaian dan evaluasi yang dilakukan di TK Penyemai Bungursari. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan pedoman wawancara dan pedoman survey melalui angket online. Hasil dari wawancara bersama kepala sekolah TK Penyemai Bungursari menyatakan bahwa evaluasi dan penilaian di TK tersebut memiliki keotentikan dan tujuan tertentu yang menjadikan TK Penyemai Bungursari memiliki ciri khas dalam evaluasi dan penilaiannya. Orang tua juga sangat menyetujui dan mendukung evaluasi dan penilaian yang dilakukan di TK tersebut. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan evaluasi dan penilaian di TK Penyemai Bungursari dapat disepakati oleh seluruh pihak dan cenderung berdampak positif bagi aspek perkembangan anak.

 

References

Agustiningsih, R. (2015). Implementasi prinsip-prinsip penilaian dalam evaluasi pembelajaran di Tk Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Hasil Evaluasi Pembelajaran dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).

Dachrud, M. (2015). Mempertimbangkan kualitas data kualitatif wawancara pada partisipan yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan pengalaman secara detail. Potret Pemikiran, 19(1).

Dudung, A. (2018). Penilaian Psikomotor. K a RIMA, 1-220.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran.

Fahmi, F., & Ningsih, R. W. (2021). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 1-16.

Groat, L. N., & Wang, D. (2013). Architectural Research Methods (2nd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51-56.

Harahap, N., & Lubis, S. D. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Haryanto, M. P. (2020). Evaluasi pembelajaran (konsep dan manajemen). UNY Press.

Ismail, I., & AlBahri, F. P. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 3(2), 337-347.

Munadi, S. (2018). Penilaian Hasil Belajar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952.

Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.

Nurroh, Syampadzi, ” Telaah Buku Filasafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer) oleh Jujun S. Suriasumantri (2017): hlm. 16-30.

Sari, R. P., & Ahmad, M. P. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Maknawi.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian

kualitatif

Widiastuti, H., Koagouw, F. V., & Kalangi, J. S. (2018). Teknik wawancara dalam menggali informasi pada program talk show Mata Najwa episode tiga Trans 7. Acta Diurna Komunikasi, 7(2).

Yafi’i, I. (2021). Asesmen Perkembangan Pada Aspek Nilai Moral Dan Agama Dengan Menggunakan Teknik Penilaian Unjuk Kerja. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 175-182.

Zahro, Ifat Fatimah. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Vol 1 No 1. Hal 92-111

Published

2023-12-31