Persepsi Orang Tua Terhadap Pola Asuh Demokratis Untuk Anak Usia Dini Di TK El-Hurriiyah

Authors

  • Gina Kharisma Hammudah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.24327

Keywords:

Pola Asuh, Pola Asuh Demokratis, Anak Usia Dini

Abstract

Pola asuh yakni cara orang tua dengan memberikan pengasuhan kepada anaknya. Pola asuh menjadi hal yang amat penting dalam membangun karakter anak. Banyak cara yang bisa digunakan oleh orang tua satu dianatranya yakni gaya pengasuhan demokratis. Masalah yang dikaji pada riset ini yakni mengenai pola asuh demokratis ini apakah sudah diimplementasikan dengan tepat oleh orang tua di TK El-Hurriyah. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui ketepatan orang tua dalam menerapkan pola asuh demokratis. Riset ini dilakukan secara kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Data dikumpulkan melalui angket berbentuk pernyataan dalam kuisioner Hasil dari kajian penelitian ini yaitu sebanyak 60% menyatakan sangat setuju, 30% menyatakan setuju, 7% menyatakan netral, 2% menyatakan tidak setuju, dan 1% menyatakan sangat tidak setuju. Dapat disimpulkan bahwasannya penerapan pola asuh demokratis sudah dilakukan dengan tepat oleh banyak orang tua siswa TK El-Hurriyah.

References

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26-38.

Al, T. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Asri, A. S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1-9.

Dewi, L. A. P. (2017). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2),83-91.

Ebi CH, S,. (2017). Golden Age Parenting: Memaksimalkan Potensi Anak Di Usia Emas [Edisi Pertama]. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Fahrizal, E. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Dalam Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, (9220665), 50–59.

Hasanah & Idris. (2022). Dampak Pola Asuh terhadap Pembentukan Perilaku Anak TKW. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 4 (3), page 115-121.

Iswianto, Aljibra Prasojo. "Penerapan Pola Asuh Demokratis Pengasuh Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini, Di Tempat Penitipan Anak Salsabil Taman, Sidoarjo." J+ Plus Unesa 6, no. 1 (2017): 1-7.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Likert, R. (1932). A Technique For The Measurement Of Attitudes. (R. Woodworth, Ed.) Archives Of Psychology, 140, 5 - 55.

Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97-109.

Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331-5341.

Ni'mah, R., & Nikmah, Z. (2020). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Pola Asuh Demokratis. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(1), 79-91.

Novera, E., Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349-6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723

Pamungkas, A. (2022). Mengasah Teknik Analisis Data Kuantitatif untuk Berbisnis. [Online]. Diakses dari https://majoo.id/solusi/detail/teknik-analisis-data-kuantitatif.

Riadi, M. (2017). Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung Validitas. [Online]. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2017/04/pengertian-jenis-dan-cara menghitung-validitas.html?m=1.

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Siham, F. K. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53-63.

Rinker, T. (2014). On The Treatment of Likert Data. [Online]. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/262011454_Likert.

Rukminingsih, dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Santrock, John. W. (2002). Life- Span Development Perkembangan Masa Hidup. Edisi Ke Lima. Jakarta: Erlangga.

Saputra, F. W., & Yani, M. T. (2020). Pola Asuh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 10371051.

Sujarwo. 2010. Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. 14(1).

Suryani, D., Yuniarni, D., & Miranda, D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1), 1-8.

Widiyono, A. (2021). Implementasi Parenting Berkala Untuk Menumbuhkan Kelekatan Anak di KB Permata Kita Kudus. 10(2), 310-320.

Published

2023-12-31