PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENGENALKAN KOSA KATA BAHASA NGGRIS PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Syopia Rahmadani
  • Elise Muryanti

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.24344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi dalam mengenalkan kosa kata bahasa inggris pada anak di Taman Kanak-Kanak Mekar Bunga Padang. Sampel penelitian adalah anak di Taman Kanak-Kanak Mekar Bunga Padang sebanyak 20 orang anak yang terdiri dari 10 anak di kelas eksperimen dan 10 anak di kelas control. Desain penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen menggunakan pre-test dan post-test group control. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dalam bentuk eksperimen dan observasional. Untuk menguji kualitas instrumen penelitian dilakukan validasi dengan pakar ahli serta uji menggunakan SPSS 15.0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik statistic T-test yang menunjukkan taraf signifikan 0,001. Hasil penlitian menggunakan uji effect size dengan hasilnya adalah 1,60, dan ini termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian penggunaan media video animasi efektif untuk mengenalkan kosa kata bahasa inggris pada anak.

Kata iKunci: Kosakata Bahasa Inggris, Media video animasi, Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2023-12-31